Tiga jagung manis unggulan: asian honey, ahsti super, dan bonanza 9 | Mitra Usaha Tani

Selasa, 29 Oktober 2019

Tiga jagung manis unggulan: asian honey, ahsti super, dan bonanza 9

Sejak 2004-2011 Anas Ma’ruf lazim memperoleh 3-4 ton jagung manis di lahan 0,5 ha. itu pun melonjak hingga 4-5 ton di lahan yang sama. Artinya produktivitas jagung itu setara 8-10 ton per ha, sebelumnya 6-8 ton per ha.

Peningkatan hasil dan waktu panen yang lebih cepat itu karena Anas menggunakan varietas jagung baru, la menggunakan asian honey. Itu jagung anyar rakitan PT Asian Hybrid Seed Technologies Indonesia (PT AHSTI) sejak 2012. Sebelumnya Anas menggunakan jagung varietas lain dari produsen berbeda. “Saya tertarik menanam asian honey karena lebih manis dan pertumbuhannya bagus,” kata ayah 2 anak itu.

asian honey

Madu Asia

Menurut pemulia jagung manis dari PT AHSTI, Crisanto B Aguilar, tingkat kemanisan asian honey rata-rata I4°briks, jagung lain I3°briks. Bahkan, “Pada musim kemarau tingkat kemanisan asian honey bisa mencapai I5°briks,” kata Crisanto. Oleh karena itu jagung itu menyandang nama asian honey yang berarti madu asia. Madu melambangkan tingkat kemanisan, sedangkan asia menunjukkan benua tempat jagung itu diproduksi.

Anas mengatakan citarasa manis asian honey lebih terasa dibanding jagung jenis lain. “Citarasa manis asian honey tidak hanya terasa di lidah, tapi juga di tenggorokan,” kata pekebun jagung sejak 2004 itu. Crisanto dan tim pemulia menghasilkan jagung bercitarasa manis untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan jagung manis https://www.mitrausahatani.com/2019/10/jurus-ampuh-meningkatkan-produk-jagung.html

Sebenarnya konsumen tidak hanya mencari jagung bercitarasa manis, tapi juga berukuran relatif besar. Bentuk tongkol asian honey runcing memanjang dengan panjang tongkol 16,8-20,6 cm dan berdiameter 4,1-5,9 cm. Produktivitas asian honey tinggi 13,3-20,5 ton per ha (jagung dan kelobot) atau 9,6-14,8 ton per ha (tongkol tanpa kelobot).

Produktivitas asian honey memang tinggi. Data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menunjukkan produktivitas jagung rata-rata di Indonesia cuma 2,38 ton per ha. Crisanto dan tim memerlukan waktu 5 tahun untuk menghasilkan asian honey. “Itu waktu yang wajar untuk menghasilkan jagung baru,” kata pria kelahiran Sultan Kudarat, Filipina itu.

Menurut Crisanto asian honey lahir dari persilangan jagung HG-211 F dengan HG-211 M. Kedua indukan jagung lokal tanahair. HG-211 F menurunkan sifat ukuran tongkol yang besar dan panjang. Sementara citarasa manis dan tipe biji kuning berkilap menitis dari HG-211 M. Untuk lahan 0,5 ha, Anas memerlukan 12 bungkus benih asian honey. Satu bungkus berisi sekitar 1.750 biji seharga Rp60.000. Jadi, total jenderal ia menanam 21.000 asian honey.
asian honey
Asian honey jagung dengan tingkat kemanisan 14—15°briks

Siap rilis

Menurut Anas membudidayakan jagung relatif mudah. Kunci utamanya jagung mesti mendapat cukup air. Lazimnya ia menyiram Zea mays setiap 10-15 hari. Namun, pada musim kemarau penyiraman menjadi sepekan sekali. Anas mengatakan daun jagung menggulung dan bulir jagung tidak terisi penuh jika kekurangan air.

Jika jagung kelebihan air, maka daun menguning dan ukuran jagung lebih kecil daripada biasanya. Oleh karena itu Anas selalu mencukupi kebutuhan air tanaman budidayanya, tidak kelebihan dan juga tidak kekurangan air. Menurut pria berumur 33 tahun itu asian honey diminati konsumen. “Pembeli mengetahui asian honey dari kulitnya yang lebih hijau dibanding jenis lain,” kata Anas.

PT AHSTI bukan hanya menghasilkan asian honey. Perusahaan yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, itu juga melahirkan ahsti super pada 2011. Biji jagung itu berwarna putih dan kuning atau bicolor, lazimnya kuning mengilap. Jagung itu berkadar kemanisan n-i4°briks. Produktivitas ahsti super 13,3—20,5 ton per ha (tongkol dan kelobot) atau 9,6-14,8 ton per ha (tongkol tanpa kelobot).

Di Purwakarta, Jawa Barat, PT East West Seed Indonesia (EWSI) juga melahirkan jagung manis terbaru bonanza 9. Secara harfiah bonanza bermakna sesuatu yang sangat bermanfaat, keberuntungan besar. Menurut manajer produk PT EWSI, Wakrimin, kadar kemanisan bonanza 9 yaitu 14-I5°briks. Jagung itu juga tetap segar meskipun disimpan 3-5 hari. Lazimnya biji jagung jenis lain mulai mengeriput dan kadar kemanisan berkurang jika disimpan lebih dari 2 hari.

Tanaman bonanza 9 pun vigor dan tahan rebah. Tongkol bonanza 9 berukuran 5,1 cm x 20,3 cm, silindris, dan terisi penuh. Bulir berwarna kuning, bercitarasa manis, dan tahan simpan. Bobot tongkol dengan kelobot 300—400 g. Petani memanen bonanza 70-85 hst. Jagung manis hibrida itu berpotensi menghasilkan dua tongkol pertanaman dengan potensi hasil 14-18 ton per ha. Saat ini bonanza 9 tengah bersiap untuk dirilis. Wakrimin mengatakan rencananya jagung itu dilepas pada 2015.

Tiga jagung manis unggulan: asian honey, ahsti super, dan bonanza 9 Diposkan Oleh: yudi

0 Comments:

Posting Komentar