Berbagai Manfaat Dan Produk Olahan jagung

Saat ini bus berbahan bakar etanol dari Produk Olahan jagung memang belum melintasi jalanan di Jakarta. Namun, di beberapa negara seperti Kanada atau Amerika Serikat wahana semacam itu lalu-lalang di jalanan. Impian itu tengah dirintis sebuah pabrik di Cilegon, Banten. Bukan tak mungkin, beberapa tahun ke depan PPD, Steady Safe, atau Mayasari Bakti—bus-bus kota yang beroperasi di Jakarta—yang kita naiki menggunakan bahan bakar dari olahan jagung.

Maklum, butiran anggota famili Gramineae itu kini banyak diolah “di luar kodratnya”. Kodrat jagung diolah antara lain menjadi tortila atau jagung bakar. Sekarang produk olahan jagung terasa nyeleneh. Contoh, rumput ajaib itu dapat diolah menjadi etanol, sejenis alkohol untuk bahan bakar.

“Di negara maju seperti Amerika Serikat, Brasil, Argentina, dan Kanada, etanol sudah banyak dipakai sebagai campuran bensin,” papar Wiyana, corporate secretary’ PT Suba Indah. Saat ini kadar etanol dalam bahan bakar bensin masih 5—10%. Namun, pada masa mendatang, penggunaan etanol berbahan jagung bakal terus meningkat karena dapat diperbaharui dan ramah lingkungan.

Untuk mewujudkan impian itu, jagung mesti diolah dengan cara basah. Oleh karena itu diperlukan teknologi modem dengan beragam alat dan mesin penunjang berharga tinggi. Suba Indah, misalnya, menggunakan teknologi penggilingan mutakhir buatan Amerika Serikat, Jerman, dan Cina untuk membangun industri pengolahan jagung.

Produk Olahan jagung tepung maizena

Unit terpadu

Disebut penggilingan basah lantaran jagung direndam air lalu digiling tanpa harus dikeringkan terlebih dahulu. Jagung kering pipil direndam air panas dan asam sulfur (asam belerang). Setelah itu digiling dengan grinder untuk menghancurkan butiran menjadi bubur. Bubur selanjutnya masuk ke dalam germ separator untuk memisahkan lembaga biji (germ). Setelah lembaga terlepas, air suspensi yang keluar dimasukkan ke dalam alat pemisah sentrifugal untuk memisahkan pati dengan gluten.

Suspensi pati kemudian dimasukkan ke dalam peeler centrifuge, sedangkan suspensi gluten masuk ke vacuum drum fdter. Tujuannya untuk melepaskan air dari pati dan gluten. Setelah itu pati dicuci dalam hidrocyclone lalu dikeringkan dengan flash dryer sebelum dihaluskan dalam grind mill untuk menghasilkan pati berkualitas tinggi. Sedangkan gluten masuk ke dalam bundle dryer untuk dikeringkan.

READ  Sistem Filter 3 tingkat Kolam Arwana

Selain memperoleh Sari Pati Jagung, Produk Olahan jagung itu juga menghasilkan corn gluten meal alias tepung glutqn. Selain itu diperoleh pula corn gluten feed yang merupakan campuran 2/3 dedak jagung dan 1/3 air rendaman. Lembaga biji dikempa menggunakan screwpresser untuk diperas kandungan minyaknya. Minyak kasar itu masuk ke dewaxing unit agar bebas dari senyawa lipida dan asam lemak bebas. Terakhir minyak masuk ke unit refinery untuk dimurnikan hingga siap dikonsumsi.

Minyak jagung merupakan minyak sehat dan berkualitas—setara minyak salad. Ia kaya asam lemak tak jenuh, asam lemak esensial (omega 3 dan omega 6), dan vitamin E. Kombinasi itu ampuh menurunkan kolesterol darah, mencegah penyakit jantung, stroke, kanker, asma, diabetes, dan mengurangi nyeri rematik. Ia tahan simpan dan tahan dalam penggorengan tanpa berubah warna.

Dengan teknologi pengolahan modem seperti itu, setiap ton jagung kering pipil menghasilkan 650—670 kg tepung pati, 60 kg tepung gluten, 200 kg dedak, dan 75 kg lembaga biji yang dapat menghasilkan 30 kg minyak. Selain itu, diperoleh pula ampas lembaga (corn germ meal) untuk pakan ternak.

Bahan Tambahan Mi dan es

Sari Pati Jagung merupakan sumber karbohidrat yang terdiri dari molekul-molekul amilosa dan amilopektin. Keduanya sebagai pengental dan perekat Di pasaran pati jagung dikenal sebagai tepung jagung atau maizena. Ibu-ibu rumah tangga banyak menggunakannya sebagai bahan tambahan dalam pembuatan puding atau es.

Dengan pengolahan secara hidrolisa, pati jagung menghasilkan pemanis seperti sirup glukosa, sirop fruktosa, dextrose, maltosa, dan maltodextrine. Glukosa dan maltosa dipakai sebagai pemanis permen, biskuit, maupun es krim. Maltodekstrin dipakai untuk makanan bayi dan krim kopi. Gula jagung memang dikenal sebagai gula rendah kalori untuk diet.

Produk Olahan jagung dapat juga difermentasi menjadi alkohol, asam sitrat, asam amino, dan gula alkohol rendah kalori. Bisa juga dimodifikasi secara fisika maupun kimiawi menjadi modified starch untuk keperluan industri. Centennial Food Corporation di Marilao, Bulacan, Filipina, misalnya, mengembangkan produk mi dan bihun instan dari bahan pati jagung. Ia juga dipakai dalam industri bumbu masak, cuka, mayonais, permen cokelat, dan minuman berkarbonasi.

READ  Citarasa Eksotis Buah Gitaan Dari Borneo

Pakan ternak

Meskipun hanya sebagai produk sampingan dalam industri corn starch, gluten jagung berpotensi baik sebagai campuran bahan baku pakan ternak. Corn gluten feed (CGF) misalnya, mengandung 18—20% protein, 1% lemak, dan minimal 7% serat kasar. Ia juga kaya fosfor, dan masih mengandung pati, kalsium, dan potasium meskipun dalam kadar rendah. Serat jagung dapat difermentasi menjadi energi dalam pencernaan sapi. Karena itu ia dapat menjadi sumber serat bila ketersediaan hijauan rumput berkurang.

Corn gluten meal (CGM) merupakan bahan pakan berprotein tinggi dengan kandungan serat dan lemak rendah, maksimal 2%. Dengan komposisi itu ia akan dapat dicerna dengan mudah oleh ternak unggas. Dengan kandungan protein lebih dari 60%, ia cocok menjadi pakan ayam petelur. Apalagi CGM juga memiliki xantophyll (zat wama kuning, red) yang sangat dibutuhkan oleh ayam petelur.

Dengan xantophyll kuning telur yang dihasilkan lebih berwarna.

Ampas lembaga (corn germ meal) juga sangat baik untuk pakan ternak. Limbah pengolahan minyak jagung itu mengandung protein dan serat tinggi. Dengan kadar protein di atas 18%, serat di atas 10%, dan lemak di bawah 5%, ia cocok sebagai campuran pakan ternak ruminansia seperti sapi.

Produk ekspor

Di Indonesia baru PT Suba Indah Tbk yang mengolah jagung terpadu cara basah. Di lahan seluas 9 ha di Kawasan Industri Cigading, Cilegon, Banten, perusahaan publik itu membangun 3 unit pabrik sejak 2002. Pabrik pati jagung berkapasitas terpasang 1.000 ton jagung kering pipil per hari, pabrik minyak jagung 30 ton/hari, dan pabrik glukosa 250 ton/hari.

“Sejak ujicoba produksi pada 2003, sampai saat ini kapasitas produksi kami baru mencapai 60—70% dari kapasitas terpasang,” papar Wiyana.

Sebanyak 30% produk Sari Pati Jagung diolah lanjut menjadi sirup glukosa dan sisanya langsung dilempar ke pasaran. Selain ke pasar lokal ‘ corn starch Suba Indah juga diekspor ke Filipina, Singapura, Thailand, dan Uni Emirat Arab

Bukan Melulu Urusan Perut

Produk Olahan jagung ternyata tak cuma enak di lidah. Namun, juga enak di tubuh. Lho kok? Iya, pati jagung kini dapat diolah menjadi popok yang nyaman dikenakan oleh si upik. Harap mafhum plastik turunan tepung jagung itu istimewa lantaran mampu menyerap cairan 300 kali bobotnya. Nah, ketika si upik mengompol dalam lelapnya bobo, orang tua tak perlu repot mengganti popok yang basah.

READ  Benih jagung hibrida Terbaik golden sweeter super genjah

Keunggulan itu masih ditambah sederet nilai lebih yakni tahan api dan berbobot ringan. Sudah begitu plastik jagung mudah diurai. Jadi, jangan khawatir mencemari lingkungan ketika plastik itu dibuang. Bahan baku plastik jagung yang bernama poly lastic acid (PLA) pun dimanfaatkan sebagai substitusi polyster. Negara-negara maju kini tengah gencar memanfaatkan PLA. Produk olahannya diminati lantaran memiliki stabilitas ultraviolet dan kilauan yang tinggi.

Plastik jagung juga meryadi incaran produsen kertas. Tepung jagung dimanfaatkan sebagai pengisi dan pelapis kertas. Tankhaw— demikian sebutan jagung di Thailand—menjadi komoditas multifungsi. Bayangkan bila tepung jagung diolah menjadi kanji yang amat dibutuhkan industri tekstil. Industri kayu dan kardus berharap banyak pada butiran Zea mays sebagai bahan perekat.

Bakal kian panjang faedah jagung bagi kehidupan umat manusia. Terima kasih layak disampaikan kepada Christoporus Columbus. Penjelajah Spanyol itu mempopulerkan mahiz—sebutan oleh suku Indian—dari tanah leluhur di Meksiko. Kini 5 abad kemudian, jagung bukan hanya urusan perut, tapi juga teknologi tinggi.

FORMULASI PATI JAGUNG (Zea Mays L)