Kolam taman minimalis Penghilang Stress

Setahun terakhir tiada waktu di sore hari terlewatkan Rahmawati Dharmawan tampak duduk di kursi salaman belakang rumah. Ditemani secangkir teh, sepiring kue, dan selembar koran sore, ia berselonjor. Sambil menyeruput teh, mata dan kupingnya tak lepas dari sebidang tembok dengan kolam taman minimalis berbentuk persegi panjang di depannya. Begitu pompa berjalan gemericik air pun sayup-sayup terdengar jelas menyapu tembok sebelum meluncur ke kolam.

Sebagai pemilik lembaga pendidikan besar, sehari-hari ia memang sibuk. “Kucuran air itu membuat mata segar dan membuang rasa penat,” ujar Rahmawati. Sesekali ibu 3 putra itu berjalan menuju sisi lain dari kolam. Di sana, beijarak 1,5 m, di bawah rerimbunan pakis sebuah gentong turut mengeluarkan gelegak air mirip semburan mata air pegunungan. Nuansa back to nature terasa kental. Ketika malam menyelimuti, panorama kolam taman minimalis pun berubah. Sorotan beberapa lampu taman yang diatur sedemikian rupa menjadi daya tarik tersendiri.

Kolam taman minimalis Adaptasi Dari Munich

Menurut Rahmawati kesukaan pada kolam taman minimalis bermula hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuat kolam minimalis depan rumahnya yaitu ketika ia melintas Furniture Shop Mutschler Leonberg di Munich, Jerman. Di toko spesialis furniture itu, matanya tertambat pada permainan air mancur kolam taman di lobi. “Rasanya ingin menaruhnya di rumah,” ujar alumnus New South Wales Univesity, Australia itu. Sejak itu pula setiba di tanah air ia mengontak kolega yang berprofesi sebagai tukang kolam untuk membantunya membuat kolam minimalis didepan rumah. Ia ingin halaman belakang rumah seluas 150 m2 ditata. Kolam taman 6 m x 1,5 m berkedalaman 60 cm pun dibuat dengan memakai liner. Bahan mirip terpal itu dipilih karena mudah dibentuk mengikuti kontur tanah ketimbang dicor beton.

Untuk menyedot dan menyemburkan air, dipakai pompa Aquamax berkapasitas 10.000 1/jam. Pompa itu dirangkai dengan sistem filter terdiri dari biotron 25, biotec 10, dan skimmer surface. Masing-masing bagian berfungsi sebagai antilumut, filter biologi, dan penyaring kotoran-kotoran besar seperti daun.

Semua perangkat itu diletakkan di ruang 1 m x 0,5 m x 0,5 tepat di belakang tembok yang dibangun khusus. Dinding tembok yang diukir timbul bentuk aneka ikan hias itu berfungsi sebagai tempat tumpahan air dari pompa. “Karena dindingnya agak bergelombang, suara air yang jatuh terdengar gemericik,” ujar Rahmawati. Untuk menciptakan kolam taman itu, kelahiran Semarang 42 tahun silam itu perlu merogoh kocek Rp20-juta.

Semakin Diminati masyarakat

kolam taman dengan design minimalis juga dipilih Bimo Suroto di Cilandak, Jakarta Selatan, sejak 2 tahun silam. Di halaman samping rumah sebidang kolam taman berbentuk angka 8 dibangun. Agar terkesan natural pinggiran kolam dihiasi batu-batu kali seukuran kepalan tangan orang dewasa. Kolam yang dirancang sedikit berundak mengikuti kontur tanah itu menggunakan 2 pompa, yakni pompa submersible dan pompa fountain FP-1006B buatan Cina.

Pompa submersible berfungsi sebagai penyedot sekaligus sistem filter dengan busa hitam di dalamnya. Pompa fountain dipakai untuk menciptakan efek payung pada semburan air. Mesin berkapasitas 2.100 1/jam itu dilengkapi kepala nozel PD-I mirip koin dan adjuster sebagai katup pembuka atau penutup air. “Saat ingin melihat semburan air yang mirip air terjun cukup dengan memutar panel adjuster saja,” ujar ayah 2 putri itu. Karena merancang sendiri, biaya pembuatan kolam taman minimalis yang dikeluarkan pengusaha biro perjalanan itu tidak banyak, hanya Rp7-juta.

kolam taman
kolam minimalis dengan Water decor lifestyle

Beberapa Tipe kolam taman Yang Paling Umum

Menurut Djaka S Tjahjakartana, direktur PT Buana Biru Decorindo di Jakarta Barat, kolam taman mulai digemari di tanah air sejak 2 tahun silam. “Peminatnya kebanyakan masih kalangan menengah ke atas yang punya halaman minimal rumah seluas 300 m2,” ujarnya. Maklum, halaman seluas itu memang tampak kosong bila hanya diisi rumput semata. Kolam taman memiliki 2 tipe, yakni tipe aktif dan tipe musikal. Pada tipe aktif pompa hanya menyemburkan air melalui nozel. Bentuk semburan bisa seperti payung, gelegak air, tegak lurus, dan lingkaran terpecah-pecah, dengan posisi kepala nozel diam. Pada tipe musikal, semburan air bisa menari-nari bak penari mengikuti alunan musik. Posisi kepala nozel pun bisa berputar hingga 180°.

Di tanah air kolam taman minimalis tipe aktif menjadi pilihan. “Di sini belum terbiasa dengan permainan musikal,” ujar Djaka. Meski demikian tipe aktif pun menjadi bidikan perancang kolam di mancanegara terutama di Eropa. Musababnya tipe ini menciptakan suasana kolam taman yang alami, meski belakangan di Eropa dilanda demam tipe baru, water decor lifestyle. Tipe itu cocok di dalam ruangan.

biaya pembuatan kolam taman minimalis yang dikeluarkan untuk membuat kolam tipe aktif bergantung luas kolam taman dan kualitas pompa. Untuk kolam standar berukuran 3 m x 4 m berkedalaman 60—80 cm dan berbahan beton, biaya mencapai Rp5-juta—Rp6-juta. Jika dipakai bahan liner akan lebih murah 25%. Jika tak mau repot-repot kolam taman preform berbahan fiber bisa dipilih. Yang menarik kolam preform menawarkan aneka miniatur dari berbagai danau terkenal di dunia seperti danau Salt dan danau Victoria di Amerika Serikat.

“Untuk pompa, filter, dan skimmer jika dipakai buatan Jerman menelan biaya sekitar Rpl4-juta,” ungkap Djaka. Pompa fountain seri aquamax bisa menyedot biaya Rp5-juta. Untuk filter seperti biotron harganya mencapai Rp3-juta.

Pemangkasan biaya tukang kolam dimungkinkan dengan menurunkan mutu pompa. Pompa-pompa buatan Cina harganya tak sampai setengah dari buatan Eropa. Namun, soal daya tahan, pompa bikinan Eropa lebih baik. “Semua akhirnya kembali ke kondisi keuangan masing-masing,” papar Djaka. Jika menginginkan pompa berjalan terus selama 24 jam, buatan Eropa pilihan tepat.

China Keranjingan Kolam Taman Tipe Musikal

Justru Cina yang kini menggemari tipe musikal. Di Beijing, misalnya, 2 taman umum di kawasan Dongguan dan Tianji memiliki kolam taman raksasa. Saat matahari terbenam pertunjukan di kedua tempat itu segera dimulai. Diiringi alunan musik setempat, nozel dari pompa menyemprotkan air berbentuk elips berulang-ulang.

Tepat di tengah-tengah kolam juga menyembur air setinggi 10 m. Hebatnya, bentuk semprotan dapat berubah-ubah. Kadang seluruh semprotan tegak lurus, sesekali membentuk setengah lingkaran penuh bak kue mangkuk. Pemandangan itu kian indah lantaran nyala lampu di sekeliling kolam mengikuti irama musik. “Saat pameran kolam taman di Jerman baru-baru ini, wakil dari Cina yang banyak memborong pompa untuk
keperluan tipe musikal,” ujar Yennyta SE, kepala pemasaran representatif produk Eheim,

Menurut Hendra Suria, representatif Ocean Free di Indonesia, saat berlangsung pameran aksesori dan ikan hias, Aquaria Cina 2004, tuan rumah pun banyak menampilkan produk pompa untuk kolam taman berukuran kecil. Jebo misalnya menurunkan seri pompa API 150—AP5600. Boyu dengan seri pompa FP-1002B—FpllOOB dan SP700—SP1500. Seri AP1150 contohnya dengan kapasitas listrik 80 watt, ia mampu menyemburkan air setinggi 2,8 m.

Beragam pilihan pompa untuk kolam taman minimalis membuat konsumen memiliki banyak pilihan. Namun, apa pun tipe kolam yang dipakai pompa harus bisa memanjakan mata dan telinga.