Pancuran kolam minimalis Ala Bunderan HI

Air mancur di bundaran HI itu memang istimewa. Puluhan nozel(mata pipa)itu mampu menyedot pandangan pengendara dan penumpang kendaraan yang melewati kawasan itu. “Pancuran kolam Itu pakai 4 mata pipa yang dikombinasi sedemikian rupa membentuk kelopak bunga,” ujar Harjanto, desainer kolam taman di Jakarta. Kolam itu semakin indah lantaran air yang jatuh memberi kesan tumpah ke sekeliling kolam.

Menurut manajer teknik PT Buana Biru Decorindo itu, mata pipa yang digunakan di kolam bertipe geyser, schaumprudler, komet, dan cascade. Semuanya berbahan tombak. Materialnya berasal dari campuran logam antikarat. “Asal tidak jatuh, ia bisa tahan seumur hidup,” ujarnya.

Nozel Pancuran kolam yang semakin variatif

Bukan hanya kolam di bundaran HI yang layak dihiasi air mancur. Pancuran kolam minimalis di taman dan rumah pun kian cantik dengan semburan air di tengah atau di salah satu sudutnya. Namun, mata pipa yang digunakan tak perlu semewah nozel yang dipakai di bundaran HI. “Pakai saja tipe khusus yang bisa digunakan tunggal,” ujar Harjanto. Dengan mata pipa tunggal, kolam Anda yang luasnya hanya 5 m2 sudah dapat dihiasi air mancur.

Berdasarkan bentuk semburan air, ada sekitar 20 tipe nozel. Bentuk lava dan vulkanik, misalnya, cocok untuk hobiis berwatak kritis dan menyukai petualangan alam bebas. Bagi mereka yang menyukai kelembutan kelopak bunga bisa memilih mata pipa bertipe flower atau calyx. Tipe yang lain adalah, pirouette alias berputar-putar, foam, spiral, wing, dan komet.

Tipe-tipe itu semakin semarak bila dikombinasikan dengan efek pencahayaan. Maka hadirlah tipe light lava, light vulkan, dan seterusnya. “Hobiis bisa sesuaikan dengan ukuran kolam dan kemampuan koceknya,” kata Harjanto. Menurutnya, untuk membangun sebuah Kolam Taman Minimalis berukuran 5 m2 dibutuhkan dana untuk peralatan sekitar Rp 10-juta—Rp20-juta. Itu meliputi nozel, pompa, dan peralatan listrik.

Bisa diatur

Selain berdasarkan bentuk semburan air, nozel untuk Pancuran kolam minimalis dapat dibedakan menurut karakternya. Misal, mata pipa terbagi dua, permanen, dan non permanen. Yang tidak permanen, kekuatan semprotnya bisa diatur sesuai keinginan pemilik. Kesatuan antara kepala pipa dan pipa pun terbagi 2. Ada yang menyatu dan terpisah. Khusus untuk yang terpisah, mata pipa bisa disambung dengan jenis lain yang sesuai ukuran.

Bahan pipa dan kepala bisa dibedakan menjadi 3. Berbahan plastik, tombak, dan stainless steel. Menurut Harjanto, nozel berbahan plastik dapat bertahan sampai 5 tahun. Dua yang terakhir jauh lebih lama. “Itu dirancang untuk kolam di ruang publik,” katanya.

Ternyata banyak sekali nozel yang bisa dipilih untuk menghias Pancuran kolam minimalis. Terserah, mau memilih semburan lava di halaman rumah atau miniatur bundaran HI di taman kesayangan Anda.