budidaya Ikan lele sangkuriang

Lele sangkuriang adalah salah satu jenis lele hasil dari persilangan antara beberapa jenis lele yang dianggap memiliki kualitas baik, sehingga dihasilkan yang lebih baik dibanding jenis kedua induknya.

Ikan Clarias gariepinus ini merupakan perbaikan genetik melalui silang balik antara induk betina lele dumbo generasi kedua (F2) dan jantan lele dumbo generasi keenam (F6). Induk betina (F2) berasal dari keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia pada 1985.

Dinamakan Lele sangkuriang karena pembiakan lele tersebut dilakukan di darah Pasundan, Sangkuriang merupakan tokoh legenda di daerah pasundan. Dikembangkan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBAT) Sukabumi.

Kelebihan dan ciri ciri lele sangkuriang dibandingkan dengan jenis lele lain yang adalah perkembangannya lebih cepat dibandingkan dengan jenis lele lain, hanya memerlukan waktu 2 bulan untuk bisa dipanen. Daya resistensinya terhadap serangan virus juga tinggi, hal tersebut telah diteliti oleh peniliti di BBAT.

Tahan Penyakit

Jenis ikan ini  ini lebih tahan penyakit. Karena itu petani mulai melirik mengembangkanbiakan jenis lele Sangkuriang di kolam-kolamnya. Para petani yang sebelum kerap dikesalkan dengan penyakit dan jamur mulai serius memelihara Sangkuriang untuk mengembangkan usahanya.

Lele sangkuriang yang dirilis sebagai varietas unggul oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri pada 2004, ini juga memiliki daging yang lebih tebal dibandingkan dengan jenis lele lain yang sudah terlebih dahulu ada.

Walaupun bentuk ikan lele ini sejenis dengan lele dumbo. Namun dari ukuran dan kelezatan ikan lele jenis ini jauh berbeda, banyak konsumen yang sudah membuktikan hal itu.

Masa depan budidaya lele cukup cerah. Menurut keterangan dari salah seorang staf Ditjen Budidaya Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan ikan lele ini merupakan salah salah satu komoditi yang akan dijadikan unggulan dalam  Program Ketahan Pangan Nasional. Konsepnya kini sedang disiapkan. Kita tunggu saja bagaimana ntah sebagai regulator bekerja.

READ  omzet puluhan juta rupiah Dari beternak jalak suren

Ikan lele saat ini sudah digemari oleh kalangan bawah yang berkantong pas-pasan sampai kalangan atas atas yang memiliki isi kantong tidak terbatas. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat mempromosikan dan Mempopulerkannya dengan menikmati hidangan ikan lele di kampung lele Boyolali, Jawa Tengah, tahun 2007.

budidaya ikan lele sangat menjanjikan karena prospeknya yang baik, masyarakat sudah mengenal jenis lele sangkuriang sebagai jenis lele yang dagingnya lebih tebal, empuk dan gurih dibandingkan jenis lele lain.