Jangan Salah Pilih Cupang Aduan

Anda mengenal dengan baik cupang yang andal untuk diadu? Hampir dapat dipastikan, penggemar eupang adu tahu nama, tapi tidak tahu pasti sosoknya. Tidak salah, sebab para pedagang itu sendiri kadang asal sebut. Memang, satu sama lain jenis cupang tidak ada perbedaan mencolok baik ukuran maupun warna tubuh.

Inilah hobi yang disenangi bocah kecil hingga kakek tua renta. Adu cupang melanda kota-kota besar. Beragam jenis cupang pun tersedia di penjual-penjual ikan hias, mulai dari impor hingga tangkaran lokal. Kalau dihitung jumlahnya mencapai belasan jenis. “Semua itu sebenarnya muncul karena kombinasi persilangan antarjenis, yakni Betta imbilis, Betta splendens, dan Betta smaragdina,” ungkap Jeremia Nataniel. Importir sekaligus penangkar di daerah Johar Baru, Jakarta Pusat, itu menyatakan sulit membedakan satu sama lain jenis cupang. Namun, toh Nataniel yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia cupang, bisa hafal di luar kepala.

Singapur impor

Cupang yang dianggap piawai bertarung ini spesies Betta imbilis. Badannya panjang dengan tubuh biru kemilau atau hijau tua cemerlang. Sirip punggung kecil, berwarna seperti tubuh dan ada bercak hitam. Sementara sirip bawah merah bertepi biru. Sirip ekor merah berukuran kecil. Sirip perutnya pendek, berwarna merah dengan ujung putih.

bentuk kepala yang menyerupai ikan gabus (Channa sp.) dilengkapi ring bibir tebal. Warnanya hitam legam. Singapur impor mempunyai karakter gesit dan ganas. Gaya bertarungnya slugger murni. Di pasaran dijual dengan harga Rp100.000—Rp200.000/ekor.

Singapur belgi

Ia termasuk spesies Betta smaragdina. Bentuk badan compressed berwarna hijau toska cemerlang. Sirip punggung, ekor, dan sirip bawah hijau cemerlang dihiasi totol-totol hitam. Sirip perut pendek tapi lebar, berwarna hitam dan putih di ujung. Gaya bertarung cupang singapur belgi semi slugger dan slugger fighter. Harga standar di penjual ikan hias Rp100.000/ ekor.

READ  Ciri Lou Han Berkualitas Standar Malaysia

Singapur lokal

Singapur lokal terdiri dari dua varietas, yakni yang bersirip perut merah dan hitam. Yang merah dengan ujung kebiruan atau kehijauan berasal dari persilangan spesies Betta imbilis dengan betina lokal spesies Betta splenden. Bentuk tubuh sedikit melebar. Warna bervariasi, ada kelabu, biru muda, hijau muda, merah separuh hitam, dan silver atau kelabu keputihan. Siripnya juga beragam tergantung warna tubuh. Meskipun begitu, umumnya pada sirip bawah tidak terdapat garis kecil hitam. Sementara kepala agak besar berwarna hitam kemerahan.

Cupang yang dijual di pasaran Rp5.000—Rpl5.000/ekor ini mempunyai gaya bertarung beragam, dancer fighter, semi slugger, dan fighter murni.

Varietas kedua hasil persilangan Betta imbilis dan betina Betta splendens. Bentuk tubuh dan warnanya tidak jauh berbeda dengan Betta imbilis induk jantannya. Hanya saja totol-totol pada sirip jumlahnya sedikit dan berubah menjadi bercak-bercak hitam. Sirip perut hitam dan ujungnya sama dengan warna tubuh. Cupang bergaya tarung semi slugger fighter ini ada yang bertubuh biru tua atau dark blue. Di pasaran dijual dengan standar harga Rp5.000—RplO.OOO/ekor.

Cupang Bagan

Cupang bagan sebenarnya sama dengan varietas singapur lokal. Hanya saja para penangkar di wilayah Sumatera Timur lebih selektif memilih bibit pej antan dan betinanya. Sehingga hasil tangkarannya lebih baik daripada cupang singapur lokal. Bahkan kualitas menyamai singapur impor. Bagan yang terkenal saat sekarang adalah seri caplak 16.

Caplak 16 merupakan hasil silangan antara singapur belgi seri 16 dengan betina Betta splendens. Bentuk tubuhnya compressed dengan warna tubuh hijau toska dan biru tua. Pada bagian siripnya terdapat totol-totol hitam sebagai ciri khas Betta smaragdina. Harga cupang bergaya tarung slugger fighter ini cukup tinggi Rp75.000/ekor karena memang sedang naik daun

READ  Jurus Jitu Cegah Parasit White Spot

Malaysia

Ia hasil persilangan dari Betta imbilis, B. splendens, dan B. smaragdina, sehingga ragamnya sangat bervariasi. Ada yang mirip singapur,singapur belgi dan cupang bangkok Salah satu varietas cupang adu asal malaysia yang sedang populer ini bernama Cupang Aduan Serie Ipoh, Ipoh agak sulit dibedakan dengan singapur lokal. Supaya tidak terkecoh pada saat membeli perhatikan gerakan tubuhnya. Jika gerakannya kurang lincah dan tubuh gemuk atau tidak atletis dipastikan cupang lain. Ipoh gerak-geriknya lincah dan cenderung galak. Harga di pasaran berkisar Rp80.000—RplOO.OOO/ekor.

Kamboja

Cupang kamboja berasal dari silangan Betta imbilis dan Betta splendens. Namun, jantan dan betina yang digunakan mempunyai warna tubuh sama. Warna tubuh kamboja mirip cupang adu singapur. Bedanya pada bagian sirip bawah tidak terdapat garis hitam kecil vertikal. Bentuk kepala besar dan panjang, serta ring bibir tebal.

Bentuk tubuh cupang kamboja lebih lebar dibanding singapur. Warnanya hijau toska dan biru toska. Sirip perut merah kombinasi hitam, dan di ujung sama dengan warna tubuh.

Ia mempunyai gaya bertarung slugger dancer dengan pukulan pamungkas baling nombak sentak. Harga di pasaran Rp250.000/ekor.
Vietnam

Dihasilkan dari persilangan Betta imbilis dan Betta smaragdina. Bentuk tubuhnya panjang warna hitam kebiruan dengan kepala besar seperti cupang bagan. Ring bibir tebal. Sirip biru tua dan hijau tua. Sementara pada sirip punggung dan ekor terdapat totol-totol hitam ciri khas Betta smaragdina. Sirip perut hitam berhiaskan merah pada pangkalnya.

Cupang Vietnam bergaya tarung slugger fighter. Karakternya ganas dan mempunyai pukulan andalan nombak sentak yang diarahkan ke bagian ring bibir. Harga seekor cupang Vietnam Rp100.000—Rp250.000.