Ukir Nama Anda di Tubuh Lou Han

Inginkah nama Anda terukir di tubuh lou han? Itu mungkin saja terjadi, tapi perlu waktu lama. Lou han pang kini banyak diperdagangkan dirancang 5—6 tahun lalu. Sosoknya terus disempurnakan hingga motif menyerupai huruf Mandarin, jidat nonong, warna cerah dengan taburan kristal atau mutiara, jika persilangan terus dilakukan, pasti keinginan Anda terwujud.

Hal seperti itu dilakukan Meng Aquarium, kelompok Terence, pemasar lou han di Malaysia. Ketika motif flower street kurang jelas, Meng lalu menyilang ulang.
Hasilnya quantum grace II menampakkan motif huruf Mandarin lebih baik. Penyilangan berlanjut agar warna tubuh lebih indah dan variatif. Jadilah leopard III atau quantum grace yang jauh lebih cantik segala-galanya. Motif membentang dari ekor hingga tutup insang dan muncul warna keemasan.

Tidak jelas jenis siklid yang digunakan kelompok Meng Aquarium untuk memperbaiki penampilan lou han. Demikian pula, jantan atau betina yang dominan mewariskan genetik pada keturunan. Semua itu dirahasiakan peternak. Namun, yang jelas untuk menciptakan lou han bermotif tertentu butuh ujicoba panjang. Lou han belum menjadi strain, sehingga jika dikawinkan sesamanya diperoleh keturunan beragam.

Frontosa

Konon lou han merupakan generasi ke-11, hasil kawin silang sesama siklid. Bahkan hobiis siklid di Indonesia mengatakan sudah memasuki F-19. Pendapat itu sah-sah saja. Persilangan untuk menghasilkan lou han bisa berbeda dari setiap peternak. Semua itu bergantung pada induk yang digunakan. Di lain pihak lou han sangat beragam, baik sosok, ukuran jidat, maupun warna.

Lou han berjidat besar hanya diproduksi Mermaid Explorer. Sementara kelompok Terence memproduksi lou han berwarna kontras. Ini menunjukkan kedua distributor terbesar di Malasyia itu menggunakan induk berbeda. Memang, seperti dugaan hobiis, banyak siklid yang dijadikan induk silangan untuk menciptakan lou han. Namun, mereka tak bisa menentukan jenis tertentu hingga kemunculan lou han di antara peternak tidak sama.

READ  Sistem Filter 3 tingkat Kolam Arwana

Untuk membuat jidat superbesar, frontosa (Cyphotilapis frontosa), Cichlasoma sp. C. synspilum, C. labiatum, C. citrinellum, atau Steatocranus casuarius, beberapa pilihan induk. Siklid-siklid itu selain berkepala besar juga mempunyai warna cerah. C. labiatum, atau C. citrinellum berwarna merah polos. Sedangkan C. synspilum asal Sungai Rio Usunacinta, Guatemala, warna pelangi: merah jambu, kuning keemasan, biru, dan bercak hitam. Frontosa yang disebut-sebut berperan penting dalam kelahiran lou han, bergaris hitam-putih seperti zebra.

Sementara motif bisa muncul manakala disilangkan dengan C. festae, C. longimanus, C. carpinte, C. salvimii, C. trilobatum, dan C umbriferum. Atau Tilapia mariae, T. tholloni, Hemichromis elongates, dan H. fasciatus. Ikan-ikan penyumbang motif itu rata-rata mempunyai bercak hitam dari pahgkal ekor hingga tutup insang. Bercak itulah yang diharapkan berubah menyerupai huruf Mandarin setelah disilang-silangkan.

Banyak modifikasi

Sesama Cichlasoma sangat mungkin dikawinsilangkan. Namun, jika genus berbeda di luar kebiasaan. “Saya ragu apakah ffontosa bisa dikawinkan dengan Cichlasoma trilobatum, misalnya,” tanya Suwandi Surya, importir lou han di Cipanas. Sifat ffontosa berbeda dengan Cichlasoma. Ia mengerami telur di mulut {mouth breeder)-, Cichlasoma diletakkan pada material (egg layer). Apalagi frontosa sangat ganas, meskipun bisa diakali dengan memotong bibirnya.

Induk silangan yang cukup banyak itu memungkinkan modifikasi lou han. Termasuk menghasilkan lou han bermotif huruf Arab, atau Kanji. Tidak aneh kalau sekarang pun sangat banyak ragam lou han yang beredar di pasaran. Terence mengatakan, paling tidak 60 ragam lou han yang di klasifikasi oleh kelompoknya. Angka itu jauh lebih besar dibanding lou han pada poster keluaran Ming Aquarium yang hanya 17 ekor.

Beberapa ragam lou han itu adalah coronation link, rising rainbow, absolut wonder, perfect harmoni, oriental classic, unique track, dan tornado effect. “Tidak ada dasar pengelompokkan yang akurat, melainkan hanya dilihat sepintas dari bentuk, warna tubuh, dan motif,” tutur Terence.

READ  Borobudur All Breed Dog Show Contest

Pemberian nama itu pun sesuka peternak. Kelompok eksportir yang memasok Bonavide Aquarium di Medan cenderung memberikan nama berbau dunia persilatan Misalnya, nan cik chesin (bintang dari selatan), tong hang ce luk (mutiara dari timur), ti wangyen hong (raja merah), mia cai chi cong (keajaiban yang terpendam), thein hong cau cik (lentera). Kemudian, wan che che in fong (merah dari timur), u-kuang sek se (lima pancar warna), liau yan ce fo (unsur kehidupan), khu tein mei jen (wanita cantik), u-hua ci ling (lima bunga cantik), dan tong huang chikchi (misteri dari timur).