Adenium Cantik Yang Dinanti Para Kolektor

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Corong panjang bak terompet itu tampak elok menyangga mahkota mini berdiameter 6 cm. Gurat merah di sekeliling mahkota putih semu pink menambah kesan anggun sang kembang. Itulah the peach, adenium asal Taiwan yang diharapkan “melahirkan adenium kuning”.

The peach memang tampil beda. Bentuk bunga mirip lili mini berpadu dengan warna putih lembut. Dialah adenium pertama yang berwarna peach. Lazimnya mawar gurun berwarna merah, putih, atau kombinasi keduanya. Meski ukuran bunga kecil hanya 6 cm tapi semarak bunga, tiap dompol memamerkan 10 sampai 12 kuntum.

Bacaan Lainnya

Di Taiwan ia jadi andalan para penangkar lantaran turunan the peach diprediksi bakal berwarna kuning. Tak heran jika the peach banyak digunakan sebagai indukan. Selama ini adenium kuning memang jadi impian semua kolektor. “Jika adenium kuning sudah muncul pamornya akan setara dengan anggrek,” ujar Chandra Gunawan. Itu yang membuat pemilik Godongijo Nursery di Sawangan, Depok, itu memboyong the peach ke tanah air pada penghujung September.

Berwarna lembut

The peach hanya sekelumit dari koleksi adenium yang ada di Taiwan. Selama 3 hari berkeliling ke kebun-kebun adenium Trubus menyaksikan ada ratusan jenis dessert rose cantik di sana. Maklum setiap penangkar punya motif andalan. Sebut saja penampilan windmollen yang unik. Separuh mahkota berwarna merah dan sisanya putih menyerupai bendera Indonesia. Strip merah tua menjadi pembatas kedua warna. Tepi petal yang agak ikal membuat windmellon kian memikat.

Jenis lain yang tak kalah menawan ialah cracking finger. Mahkota berukuran 4 sampai 6 cm itu penuh dengan motif strip. Motif gurat muncul dari corong hingga ujung mahkota bak benda retak, persis seperti namanya. Paduan kuning pada corong kontras dengan ungu di mahkota. Penampilannya kian glamour kala 5 sampai 8 kuntum mekar serempak.

Adenium berwarna lembut lain yang memikat mata adalah hallucination. Warna merah muda sangat lembut tampak anggun berpadu dengan putih. Mahkota saling menumpuk dan berukuran besar, diameter 8 sampai 10 cm. Penampilannya kian aktraktif dengan tepi mahkota mengeriting. Hallucination tak pernah berhenti menggoda karena rajin berbunga.

Dominasi merah

Merah tetap jadi primadona di setiap nurseri. Namun tak sekadar merah, kebanyakan bentuk petal dan coraknya dimodifikasi. Ruby streak misalnya. Sosok besar diameter bunga 8 sampai 10 cm dengan warna merah ngejreng. Tepi mahkota mengeriting dan saling menifmpuk. Bunga terkesan eksotis berhias\bintik-bintik putih. Pola seperti itu jarang ditemukan.

Ipanema bisa jadi pilihan lain. Sepintas penampilan bunga mirip dengan seduction petal merah dadu dengan corong merah tua. Namun, ipanema lebih solid, dari corong hingga ujung mahkota semuanya merah dadu; seduction merah tua. Mahkota ipanema saling menumpuk dan keriting.

Bunga kecil dan berwarna ngejreng juga tak kalah cantik. Pilihan jatuh pada touch stone, secret whisper, smoothie, dan kerry variegated. Touch stone mirip dengan cracking finger. Sosok kecil, mahkota bulat, merah, corong kuning, dengan gurat cokelat di corong. Sementara secret whisper menyerupai daeng siam, tapi bersosok mungil. Diameter bunga 4 sampai 6 cm; daeng siam 8 sampai 10 cm. Corong secret whisper merah dan tepi mahkota berenda.

Meski polos smoothie juga cantik. Bentuk mahkota bersudut menyerupai bintang. Penampilannya ngejreng dengan warna merah menyala. Corong merah tua bak “mata”. Keindahan adenium tak hanya dari bunga, pun daunnya. Lihat saja kerry variegated. Daun berbentuk bulat kian elok dengan corak “tentara” hijau muda dan tua. Bunga mini diameter 5 cm berwarna merah cerah mempercantik penampilannya.

Koleksi sa-mo mei-guei sebutan adenium di Taiwan lain juga tak kalah indah. Sayang, beberapa tanaman belum diberi nama. Mawar gurun-mawar gurun itu tak lama lagi bakal hadir di tanah air untuk melengkapi koleksi Anda.

Pos terkait