Berandatanaman hiasAnggrek Langka : Satu di Antara Seribu

Anggrek Langka : Satu di Antara Seribu

Sosok anggrek boneka itu sepintas sama dengan oncidium lain. Bunga kuning lebat, berukuran 1,5 cm. Bila diperhatikan saksama, lidahnya kuning bertabur titik-titik cokelat. Itu hasil silangan pemulia terkenal, Moling Simardjo di Prigen, Pasuruan.

Hasil silangan oncidium aloha dan nona itu juga didominasi anakan berwarna kuning. Lila Natasaputra, penganggrek di Salatiga membeli beberapa bibitnya. Di tangan Lila 5 tanaman tidak berlidah kuning polos, melainkan berbintik-bintik. Sayang 4 tanaman bermotif tidak stabil.

Hanya satu yang bertotol banyak, merata, dan bunga mencapai 30 kuntum. Ia memperkirakan ukuran bunga bakal lebih besar. Saat sekarang saja umbi masih kecil, 5 cm ukuran lidah sudah 1,5 cm. Padahal ukuran umbi induknya mencapai 10 cm.

Doritis pulcherrima chompornansis x ph lucern

Sosok anggrek bulan itu unik. Tangkai bunga tidak bercabang-cabang sebagaimana phalaenopsis lain, tetapi lurus dan tegak. Bunganya melekat di tangkai, mirip snapdragon, bunga potong berbentuk mulut naga. Daya tarik lain, bunga berwarna pink cerah bertepi putih sehingga lebih indah.

Anggrek itu hasil silangan Lila, pemilik Green Leaves Orchids. Induknya, phalaenopsis bunga besar berwarna ungu jenis yang banyak di pasaran dan Doritis pulcherrima varietas chompornansis. Namun, dari sekian puluh turunan, hanya jenis itu yang berwarna indah, corak menarik, dan tata letak aneh seperti di atas. Yang lain warna pucat dan tepi tidak berpigura.

Shady lady

Doritis pulcherrima chompornansis
Doritis pulcherrima chompornansis x ph lucern, mirip bunga potong

Shady lady ini mengalami mutasi sehingga bunga berwarna cokelat. Saudaranya berbunga kuning hijau bertotol cokelat keunguan.

Lila mendapatkan koleksi dari Florida, Amerika Serikat, lewat Chandra Gunawan. Kondisi tanaman 3 tahun lalu amat merana. Daun hijau kuning dengan umbi semu keriput. Di tangan Lila, kesehatan mulai pulih, meski amat lambat. Daun menghijau dan bulb menggelembung.

Rumpun itu kemudian dipisahkan secara ekstrim. Idealnya masing-masing pot berisi 3 bulb, Lila membagi hanya 1 individu per pot. Salah satu dari tanaman itu mengalami mutasi. Bunganya lebih besar dengan petal lebar. Warna pun berubah dari hijau bertotol cokelat menjadi hanya cokelat keunguan.

Shady lady merupakan hasil seleksi dari vuylstekeara melissa brianne. Melissa brianne dihasilkan Bart Schawrz dengan menyilang miltonia anne wame x oda mrs rudolf pabst pada 1989. Vuylstekeara merupakan perpaduan 3 genus: miltonia x odontoglossum x cochlioda.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments