Anting putri: Tanaman Favorit di Kerajaan Bonsai

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Anting putri

Inilah bakalan bonsai paling favorit di Malaysia: anting putri. Pantas harga sebuah bonsai anting putri bergaya menggantung melambung hingga RM30.000 atau setara Rp75 juta. Di negeri jiran itu anting putri dijuluki rajanya bonsai. Di Indonesia? Bonsai perdu harum itu tak dilirik lantaran bermutu jelek.

Kepopuleran anting putri Wrigtia religiosa di Malaysia mencapai puncak ketika kontes bonsai Asia Pasific VI digelar di Kualalumpur akhir 2001. Saat itu puluhan anting putri jadi sumber aroma yang mengharumkan ruang kontes. Penulis dan pengunjung dari berbagai negara terkagum kagum melihat begitu banyak anting putri bersosok istimewa. Ternyata shui mei sebutan mereka bahan bonsai terpopuler di negeri jiran itu digelari the king of bonsai.

Bacaan Lainnya

Padahal, mereka baru belajar dari pebonsai Taiwan dan Jepang beberapa tahun silam. Pebonsai Malaysia memodifikasi ajaran sang guru dengan menciptakan gaya tropis yang dicirikan bentangan tajuk amat lebar. Itu mengingatkan pohon trembesi alias kihujan di Indonesia. Cabang cabang dibiarkan mengarah ke atas, tidak membengkok ke bawah seperti halnya bonsai Jepang. Pebonsai Malaysia terbaik di dunia dalam membentuk anting putri.

Di Indonesia sebaliknya, perdu harum itu masih jarang dimanfaatkan sebagai bonsai. Bentuk yang kurang bagus, terutama di Jakarta dan Surabaya. Jenis itu belum pernah masuk deretan nominasi terbaik. Yang lebih maju, bonsai bersosok kecil 20 sampai 30 cm, harganya juga rendah, kurang dari Rp500.000.

Tanaman Dari Asia Tenggara

bonsai Anting putri
Anting putri gaya sapu terbalik

Perdu asli Asia Tenggara itu digemari lantaran rajin berbunga dan aroma wangi mirip melati. Ia amat menyukai air shui mei dan kelembapan tinggi. Buahnya tipis dan panjang, seperti kacang hijau.

Etnis Cina di negeri tetangga itu memilih anting putri pot untuk penyemarak imlek. Ruangan menjadi harum hingga 1 minggu. Selain itu anggota famili Apocynaceae itu dimanfaatkan sebagai ornamen taman atau pagar hijau.

Sebagai bahan bonsai, sebenarnya ia tergolong biasa karena kayu tidak keras. Di balik kelemahan itu justru terdapat keunggulan. Lantaran kayunya tak keras pembentukan bonsai berlangsung singkat, 2 sampai 5 tahun.

Setelah matang menjelma menjadi bonsai yang sangat bagus. Hal itu ditunjang oleh daun kecil dan kulit kayu halus berwarna cokelat sehingga terkesan tua. Karena itulah water jasmine itu cepat populer. Kini Malaysia telah mengekspor anting putri ke Singapura dan Taiwan. Digunduli

Jika tertarik membonsai anting putri, bakalan dapat diperoleh dari setek batang atau akar. Tanam setek di sembarang media asal banyak disiram. Bahkan, direndam di air pun bisa tumbuh. Perbanyakan dengan cangkokan lebih cepat besar. Setelah tumbuh, tanam bakalan itu di pot besar berdiameter 30 sampai 40 cm.

Penanaman langsung di tanah mempercepat pertumbuhan. Pebonsai Malaysia menggunakan tanah bakar atau bata tumbuk dicampur humus dengan perbandingan 4:1 sebagai media. Media itu bersifat mengalirkan air sehingga tidak menggenang.

Setelah batang berdiameter minimal 5 cm, pindahkan ke pot berdiameter 30 sampai 40 cm dan sedalam 10 cm. Di pot, tanaman cenderung mengalirkan hara ke bagian atas sehingga lebih cepat besar. Agar bentuk proporsional cabang dan ranting atas harus sering dipangkas.

Pemangkasan juga merangsang terbentuknya ranting dan memperkecil ukuran daun. Sedangkan cabang bawah dibiarkan tumbuh liar agar cepat besar. Tindakan itu mutlak untuk membentuk bonsai gaya tropis yang bertajuk panjang dan rimbun.

Shui mei Terbilang Rawan Air

bonsai shui mei
Sang Juara Aspac VI, masih ikut teori Jepang

Meski shui mei rakus air, hati hati karena ia amat peka dengan air pekat dan bergaram. Bila keracunan, daun menguning, rontok, bahkan mati bila gagal diatasi. Oleh karena itu pekebun di daerah pantai sebaiknya menyiram dengan air ledeng yang diendapkan beberapa jam. Berikan air itu sesering mungkin. Bila perlu alasi pot dengan tatakan agar air selalu tersedia. Walau bagian atas media kering, bagian dekat akar tetap lembap.

Karena anting putri rakus hara, sering sering ganti media, minimal sekali setahun. Berikan pula setengah sendok teh pupuk majemuk NPK per 1 sampai 2 bulan.

Untuk mengikuti kontes 2 sampai 4 minggu sebelumnya, pangkas seluruh ranting dan daun. Berikan pupuk berkadar fosfor lebih tinggi untuk merangsang pembungaan. Siram seperti biasa. Namun, perlakuan itu hanya untuk tanaman sehat sehingga dapat tumbuh optimal.

Jika kesehatan memburuk pemupukan justru menyebabkan cabang dan ranting mati. Terbentuknya daun baru, dibarengi tunas bunga yang mekar dua hari kemudian.

Pos terkait