Bagaimana cara melebatkan pohon mangga ?

Bagaimana cara melebatkan pohon mangga ?

Saya petani mangga di Pemalang, tapi kebun saya kurang produktif. Pertanyaan saya: Fatkhurokhman RT016/RW 07 Desa Danasari, Kecamatan Bungin Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah 52371

Bagaimana aplikasi dan dosis pemupukan, serta pemakaian ZPT/hormon agar

mangga produktif?

Mangga yang tidak produktif bisa disebabkan beberapa hal misalnya karena daun terlalu lebat, jarak tanam terlalu rapat, tanaman keracunan air tanah yang asin atau karena penyerbukan yang tidak sempurna. Walaupun demikian coba diberi pupuk NPK (16-16-16) biru (mutiara) sebanyak 0,25— 1,0 kg per pohon (tergantung besar dan umur tanaman). Siram juga dengan Atonik 0,5—1,0 cc per liter air, sebanyak 2—5 liter larutan per pohon. Pemupukan tersebut dilakukan 1—2 bulan sebelum tanaman berbunga.

Apakah penyerbukan buatan bisa dilakukan misalnya dengan hormon, bagaimana

caranya?

Penyerbukan buatan pada mangga tidak perlu dilakukan. Penyerbukan alami lebih baik, karena lebih murah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah lalat hijau atau lalat madu jangan sampai berada di kebun. Pemeliharaan lebah madu di kebun sangat dianjurkan. Apabila ingin menyemprotkan hormon, dapat dicoba hormon NAA (Asam Naftalen Asetat) konsentrasi 100 ppm (100 mg/liter air). Hormon ini disemprotkan saat bunga mekar (tiap tandan bunga disemprot sampai basah). NAA, Atonik, dan pupuk buatan dapat dibeli di kios-kios pupuk pertanian.

Hendro Sunarjono

Share on:

Yudianto
Yudianto Yudianto, penulis aktif di Budidayatani dan Mitrausahatani.com, memiliki hobi di bidang pertanian. Ia sering menulis artikel terkait teknik budidaya tanaman dan usaha tani, berkontribusi untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan dan inovatif.
comments powered by Disqus