Beda Kepala Naga dan Ranchu lion head

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Perbedaan Ranchu lion head

Panitia kontes ikan hias di Plaza Gajah Mada akhirnya menggabungkan ranchu dan lion head di satu kelas. Memisahkan mereka di kelas berbeda berpotensi memicu kekisruhan. Sebab, antara ranchu dan lion head acap dipertukarkan. Padahal, di negeri leluhur mereka, Cina, Jepang, bahkan Thailand kedua

Jika dilihat sepintas, sosok mereka bagai pinang dibelah dua. Mereka sama-sama mempunyai gashira alias jambul di atas kepala. Ekor dan tubuh pun mirip. Maklum, jika ditelusuri ranchu sebetulnya masih keturunan lion head. Setelah si kepala singa dikembangkan selama 300 tahun di Jepang, kemudian lahirlah ranchu melalui persilangan. Ranchu mulai populer di Jepang pada 1700.

Meski demikian ranchu yang kesohor sebagai dragon head mempunyai standar sendiri. Oleh karena itu, “Yang tak memenuhi standar ranchu, digolongkan sebagai lion head,” tulis Pet Mag. Menurut Hendrik, peternak di Bandung, punggung ranchu cenderung membulat mirip setengah lingkaran. Sedangkan lion head agak panjang dan cenderung mendatar. Dengan begitu bentuk tubuh menyerupai kotak.

Punggung dan ekor

Hal serupa dikemukakan Bahardiman, juri kontes maskoki dari Bandung. Perbedaan lain yang menonjol adalah sudut yang terbentuk di pangkal ekor. Pada ranchu terbentuk sudut tak lebih dari 90°, sehingga tampak lebih lancip. Pangkal ekor lebih maju dan mengembang ke samping. Tinggi ujung ekor tak melebihi tinggi tulang belakang. Sebaliknya, sudut yang terbentuk di pangkal ekor lion head di atas 90°.

Hendrik menuturkan, kadang-kadang ranchu “melahirkan” ikan berpunggung mirip lion head. Demikian juga generasi penerus lion head acapkali menyerupai ranchu. Jika itu terjadi, patokan di atas- bentuk punggung dan sudut ekor-tetap dapat digunakan sebagai acuan. Itulah yang menjadi pedoman Bahardiman ketika menyelenggarakan lomba maskoki di Bandung, Juli 2003. ’’Kalau tak dimulai dari sekarang, kapan lagi?” katanya.

Untuk membedakan ranchu dan lion ‘iead, cermati juga jambul yang tumbuh di kepala. Menurut Bahardiman, tonjolan di atas kepala lion head lebih tinggi

Seperti naga

Ranchu lion head
Perbedaan Ranchu lion head.

Bila dilihat saksama, tonjolan di bagian tubuh ranchu berlainan. Jambul di atas kepala atau tokin gashira alias topi emas relatif pendek. Sebaliknya jambul di tulang insang cukup besar. Pantas hobiis ranchu Jepang menyebutnya okatema gashira atau pipi tembem. Jambul yang Menakar Keelokan Mereka bagus-bagusan ranchu kian sering AzC diadakan. Di Bandung, misalnya, dalam waktu yang berimpitan-Mei dan Juli 2003-dilangsungkan adu kemolekan Carrasius auratus. Itu setelah di Jakarta dan Bandung didirikan kelompok peternak dan hobiis penggemar maskoki.

Malahan Klub Maskoki Bandung yang dibentuk April 2003 berencana mengadu keelokan maskoki- termasuk ranchu-setiap 6 bulan.

Menjadi yang terbaik impian setiap peserta lomba. Selain mempersiapkan ikan, memahami kriteria penjurian mutlak bagi hobiis. Tujuannya, agar mampu membawa ikan ideal ke ajang kontes. Menurut Bahardiman, juri maskoki asal Bandung, penilaian meliputi 7 hal. Porsi penilaian untuk ranchu dan lion head meliputi anatomi cukup besar juga menghiasi area di atas tulang insang hingga di atas mulut. Coba amati, sekilas kepala ikan hias itu jadi mirip naga.

Untuk jambul itu masyarakat Jepang menyebut thase gashira atau muka naga. Di situlah duduk perkara mengapa kerabat ikan mas itu digelari dragon head. Hanya itu perbedaan mereka? Tidak juga. Pada umumnya kepala ranchu lebih besar ketimbang si kepala singa. Jarak antarmata lebih lebar. Begitu pula dengan jarak antara sudut bibir ke mata lebih panjang.

Deskripsi seperti di atas hanya berlaku bagi ranchu cina. Punggung ranchu jepang cenderung memanjang-tidak membulat-mirip lion head. Thailand yang 5 tahun terakhir gencar mengembangkan ranchu menyukai tipe jepang. Lantaran penampilan berlainan, penjurian saat kontes pun harus dibedakan.

’’Keduanya tak bisa diadu dalam satu kelas. Misal ranchu cina diadu dengan ranchu jepang di baskom (top view, penilaian dari sisi atas, red), ranchu cina pasti kalah. Begitu juga ranchu jepang jika dikonteskan di akuarium (side view, penilaian dari sisi samping, red) bentuknya ngga keruan,” tutur Bahardiman. Yang bulat telur seperti ranchu cina dinilai secara side view, rancu jepang yang memanjang dilihat dari top view.

Dengan berpedoman deskripsi tersebut, ranchu dan lion head sebetulnya dapat dipisahkan tanpa menimbulkan keributan. Sebab, walau bersaudara mereka tetap tak sama. Kini seharusnya lion head tak disebut ranchu, atau sebaliknya. Ranchu adalah ranchu, lion head, ya lion head.