Cara Merawat Ayam Serama Agar Selalu Tampil Memikat

Merawat Ayam Serama Untuk Pemula

Cara merawat ayam Serama sebenarnya susah susah gampang. Begitu dilepas, si Gondrong langsung pasang aksi. Ia berjingkat-jingkat kian kemari dengan dada dibusungkan. Kepalanya ditarik ke belakang sampai menyentuh ekor. Kadang-kadang kepala ditengokkan ke kanan dan kiri bagai peragawan yang sedang beraksi di catwalk. Polahnya yang lucu memancing senyum simpul yang melihat. Pantas, bila Rudiasfie Sjofinabangga sekali dengan serama itu.
Penampilan ayam asal Kelantan, Malaysia, itu bisa maksimal jika kondisi tubuh sehat. Salah satu cirinya bulu mengkilap, halus, dan lembut. Raut muka pun bersih, nyaris tanpa cacat. Bentuk dan ukuran jengger proporsional dengan kepala yang mungil. Warna merah cerah.
Merawat Ayam Serama agar selalu sehat tentu saja dambaan sang pemilik. Ia bisa dipegang atau diajak bercanda. Untuk itu, ia perlu dirawat maksimal, mulai dari kandang sampai mandi, dan berjemur.

Ayam Serama Mudah Dalam Perawatan

Jemur Ayam Serama

Serama Harus sering Dijemur agar sehat


Rudi, pemilik 20 ekor, Merawat Ayam Serama dengan memperhatikan semua aspek, termasuk konstruksi kandang. Ia memilih membeli kandang di pasar atau kios burung. Bahannya mulai dari kawat, besi, sampai kayu. Bentuknya pun beragam: kotak, bulat, atau segi enam. “Yang penting luas sangkar sesuai dengan ukuran ayam,” ujar hobiis di Pondokbambu, Jakarta Timur. Kandang ideal berukuran 40 cm x 40 cm x 50 cm.
Letakkan kandang di lokasi yang teduh agar mendapat sinar matahari memadai dan ventilasi bagus. Lokasi itu pun harus tenang dan jauh dari lalu-lalang orang. Lengkapi dengan wadah pakan, minum, dan tenggeran. Cegah kucing atau anjing mendekati kandang.

Perhatikan Pakan Yang Diberikan

Di tempat Rudi, ayam itu menyantap pakan buatan pabrik yang diwadahi mangkuk plastik. Tempat minum pun disediakan berdekatan dengan tempat pakan. “Ayam ini sebenarnya mau menyantap pakan apa saja, termasuk nasi, dedak, biji-bijian seperti jagung, padi, atau kacang hijau. Bahkan hewan kecil, seperti serangga atau cacing pun mau. Daun-daunan hijau seperti kangkung, bayam, atau kecambah disantapnya asal dicincang halus,” ucapnya.
Namun, Rudi menyarankan pakan jadi, buatan pabrik, karena sudah terjamin kualitas dan nutrisinya. “Untuk pertumbuhan ia butuh protein sekitar 21 %,” katanya. Alternatif lain campuran konsentrat, jagung, dan dedak dengan perbandingan 2:3:5.
Yang perlu diperhatikan dalam Merawat Ayam Serama adalah kualitas pakan. Rudi menganjurkan untuk mencium pakan terlebih dulu sebelum dibeli. “Bila tercium aroma tengik berarti kedaluwarsa. Jangan dipakai nanti menyebabkan keracunan,” ucapnya sambil menenteng si Gondrong.
Merawat Ayam Serama dengan Memberikan pakan 2 kali sehari dalam porsi yang cukup. Jangan terlalu berlebihan, sehingga terbuang percuma. Lebih baik berikan sedikit, tapi frekuensi ditingkatkan menjadi 3 sampai 4 kali/hari. Hal ini untuk menghindari pakan tersisa dihinggapi lalat. Minum dalam jumlah cukup diberikan berbarengan dengan pakan. Untuk menambah daya tahan, tambahkan vitamin. Beragam merek vitamin dijual di poultry shop.

Perhatikan Saat Memandikan dan Penjemuran

cara merawat ayam dilakukan dengan Sesekali ayam serama dimandikan dengan sabun yang mengandung disinfektan. Tujuannya agar bulu mengkilap sekaligus mematikan kutu. Ayam serama pun perlu dijemur agar bulu tidak lembap, selama 1 sampai 2 jam. Pakai kandang bongkar-pasang atau kurungan terbuat dari bambu untuk menjemur agar ayam tidak bergerak ke sana-ke mari.
Ketika penjemuran berlangsung elus-elus ayam serama supaya jinak. Hal ini penting kalau tujuan pemeliharaan untuk kontes. Selain sosok fisik, penampilan juga mendapat poin penilaian di kontes. Siapkan meja pajang terbuat dari tripleks ukuran 1 m x 1 m.
Untuk penyangga dapat memakai besi atau kayu setinggi 1,5 m. Lepaskan ayam serama di atas meja pajang. Biarkan ia berjalan-jalan untuk melatih gayanya. “Peganglah di telapak tangan selama beberapa menit agar jinak,” kata ayah 2 anak itu.
Agar mentalnya bagus, pancing emosi dengan ayam lain. Dekatkan ayam lawan sampai sayapnya mengembang, dada membusung, dan ekor melengkung ke atas. Itulah penampilan yang ideal untuk ayam serama. (Nyuwan SB)
 
Coops, B., 2021. How To Care For Bantam Chickens. [online] Backyard Chicken Coops. Available at: <https://www.backyardchickencoops.com.au/blogs/learning-centre/how-to-care-for-bantam-chickens> [Accessed 14 February 2021].

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.