Cempedak Bonsai Umur Genjah

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
cempedak mini

Pohon cempedak biasanya tumbuh menjulang hingga lebih dari 15 m. Selain itu, ia lama berbuah. Artocarpus champeden Malaysia yang terkenal genjah pun baru berbuah di umur 5 tahun. Namun, koleksi terbaru Taman Buah Mekarsari, Cileungsi,Bogor, sudah panen meski belum genap berumur 2 tahun. Pohon cuma setinggi 4 m.

Melihat sosok pohonnya, ia lebih mirip nangka. Batang kuning dengan percabangan banyak dan berdaun rimbun. Daun hijau cerah, tebal, agak kaku, dan tersusun berseling. Cempedak berbatang cokelat keabuan, daun hijau tua dan lemas. Namun, buah yang bulat panjang, berukuran kecil, hanya berbobot 2-3 kg mengingatkan pada sosok cempedak. Kulit buah hijau kekuningan hingga kuning cokelat dengan duri-duri halus. Daging buah tipis, lunak, berair, dan mengeluarkan aroma kuat layaknya A. champeden.

Berbuah 1,5 tahun

Wajar saja ia berpenampilan unik. Koleksi Taman Buah Mekarsari (TBM) itu silangan antar spesies antara nangkaArtocarpus heterophyllus dan cempedak A.champeden. Gregory Hambali, staf ahli TBM, penghulunya.

Ia mengawinkan induk jantan cempedak dan bunga betina nangka mini berbuah bulat. Lahirlah jenis baru: nangka cempedak berumur genjah dan bersosok mini.

“Pohonnya paling tinggi hanya mencapai 6-8 meter. Sama seperti sosok nangka mini, induk betinanya,” papar Gregory Hambali. Buah hasil penyilangan pada Agustus 2000 dipanen 4 bulan kemudian. Biji asal buah itu lalu disemai dan menghasilkan 11 bibit. Sayangnya, setelah ditanam pada juni 2018

kini hanya tersisa 4 tanaman. Pada umur belum genap 2 tahun tinggi mencapai 4- 5 m dan diameter batang sekitar 10 cm. Diameter tajuk hanya 1,5–2 m sehingga pohon tampak tinggi menjulang mirip cemara. Pertumbuhan tanaman subur dengan percabangan dan daun cukup lebat.

Ia tergolong genjah. “Pada umur 1,5 tahun setelah tanam pohon sudah mulai berbuah,” ungkap Greg. Saat Mitra Usaha Tani berkunjung pada akhir Maret, buah sudah habis dipanen. Meski begitu, beberapa ranting dan percabangan masih menyisakan bekas. Produktivitas pertama baru 10-20 buah per pohon.

Menurut Greg, produksi bakal meningkat seiring bertambahnya umur tanaman. “Di atas 5 tahun produksi dapat mencapai lebih dari 60 buah/pohon,” tegas botanis ulung itu. Ukuran buah berkisar 21 kg.

Nangka cempedak asal Manonjaya
Berbuah sejak usia 1,6 tahun

Silangan alami

Greg pernah menjumpai nangka cempedak di Tanjung Morawa, Medan. Sosok tanaman mirip yang ada di Taman Buah Mekarsari. Diduga itu silangan alami.

Nangka mirip cempedak juga ditemukan di daerah Manonjaya, Tasikmalaya. Nangka itu berbentuk bulat dengan duri-duri relatif halus. Pada saat matang, tekstur daging mirip cempedak: berserat, tipis, dan agak pulen. Hanya saja aroma kurang wangi, beda dengan cempedak yang menyengat.

Nangka cempedak asal Manonjaya sangat produktif, bahkan berbuah terus-menerus. Produktivitas per pohon mencapai 300 buah per tahun. Bobot buah minimal 3-4 KG/Buah