Ciri Lou Han Berkualitas Standar Malaysia

Avatar
  • Whatsapp
Lou Han

Dari ribuan ekor anak ikan yang lahir dari seekor betina, paling-paling hanya 2% saja yang berkualitas A. Oleh karena itu setelah besar lou han bermutu harganya ratusan juta rupiah. Syaratnya, ciri-ciri keindahan baik bentuk tubuh, corak, dan warna harus terpenuhi.

Di negeri asalnya, Malaysia, kontes lou han baru sekali diadakan. Tajuknya, “Pertandingan dan Pameran Kecantikan Ikan Lou han Peringkat Malaysia Pertama”.
Kontes yang diadakan di Star Parade, Alor Setar, Kedah, September 2001 itu masih tergolong coba-coba. Maka, kriteria penilaian lou han yang terbaik masih menjadi perdebatan.

Lantaran beragam bentuknya, masing-masing peternak mempunyai cara pandang berbeda dalam mengapresiasi keindahan lou han. Namun akhirnya mereka
menggabungkan berbagai persepsi itu menjadi standar penialaian yang baru. Rumusan itu boleh menjadi rujukan Anda yang ingin memilih lou han dewasa bermutu.

Tanda keindahan Ikan Louhan

Kesan pertama poin penting yang mendapatkan perhatian utama juri. Ikan harus enak dipandang. “Sekali melihat orang tertarik,” tutur Terence Jiam, sole agent flower hom Malaysia. Daya tarik pandangan pertama itu diistilahkan smooth and striking look.

Setelah itu penilaian ditentukan oleh warna badan dan bintik mutiara. Keseluruhan badan harus mempunyai warna yang cerah. Walaupun ada yang berselera warna lain, lou han merah mempunyai nilai tambah. Sedangkan bintik mutiara itu harus ada sebanyak mungkin dan merata di seluruh tubuh. Jadi, secara keseluruhan tubuh lou han bercahaya.

Corak di gurat sisi badan ikan menjadi faktor penialaian yang juga sangat penting. Para hobiis biasanya lebih tertarik dengan patem huruf Cina, angka latin, atau gambar abstrak. Apapun bentuknya, semakin bagus bila jumlah corak sampai mendekati kepala dan berwarna tebal. “Black mark boleh jadi tidak terlalu lebar atau kentara. Yang penting ia berjajar penuh dari ekor sampai batas tutup insang,” papar Terence.

Penilaian Gaya renang

Untuk keperluan kontes sebaiknya Anda memilih lou han dengan bentuk tubuh meninggi sehingga cenderung mendekati persegi. Hal itu terwujud bila ukuran kepala dan badan seimbang alias proporsional. Ratio tinggi dan panjang tubuh ideal 1 : 1,5. Mulut dan muka sedekat mungkin. Bila menjauh akan tampak monyong. Sehinga bentuk ikan kurang simetris.

Bentuk tubuh yang bagus tidak lepas dari pengaruh besar kecilnya sirip. Sirip, anal dan dorsal harus tumbuh sama panjang alias seimbang. Meminjam istilah cupang, adanya serit yang panjang di ujung sirip menjadi nilai tambah. Sirip ekor yang baik harus besar dan selebar mungkin.

Ada beragam warna mata mulai dari putih, kuning, oranye, sampai merah. Warna terakhir mempunyai nilai tambah. Menurut Terence Jiam warna mata harus merah. Semakin merah semakin bagus. Merah pada mata harus satu lingkaran, tidak bercampur warna lain dan dua sisi harus mempunyai warna yang sama.

Jika semuanya sudah sempurna, jangan lupa lihat gaya berenang ikan pilihan. Sebab gaya renang akan mendapat porsi penilaian yang cukup tinggi 7%. Ikan dengan gaya renang elegance, atraktif, dan lincah, yang semuanya menampakkan kesehatan berpotensi juara.

Louhan
Bentuk Louhan Sempurna

Prosentase

Sistem penjurian kontes lou han yang dikoordinir oleh Min dan Choon Kong Akuarium membagi beberapa bagian tubuh ikan. Total nilai keseluruhan 100% terdiri atas: 28% corak, 20% kepala. 14° o bintik mutiara, 6% ekor, 4% sirip. 3° o mulut, 3% leher, dan 3% sirip bawah. Sisanya, 10% nilai warna dan 6% bentuk tubuh.

Setelah mengkaji lebih jauh, “Sistem itu akhinya harus diperbaiki kembali.” tutur Terence Jiam, pengusaha lou han terbesar di Malaysia. Di kontes yang akan datang ada 7 poin penilaian. Masing-masing mendapatkan porsi: 10% penampilan, 20% warna badan dan bintik mutiara, 25% bentuk badan, 10% sirip, 5% mata, 20% corak lateral, dan 7% gaya berenang. Total porsi penilaian sama 100%.

Pada kontes di Malaysia, berdasar kategorinya ikan dibagi 2 ukuran: besar; di atas 12,5 cm; kecil, di bawah 12,5 cm. Penentuan ukuran dimaksudkan pada fase pertumbuhan itu, lou han telah mempunyai bentuk dan corak tetap. Setiap orang hanya bisa mendaftarkan 2 ekor pada kategori besar dan 3 ekor pada kategori kecil. Lantaran di Indonesia masih belum banyak pemiliknya, aturan terakhir ini boleh di pertimbangkan panitia kontes.