Dendrobium Keriting nan Cantik

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
orchid plantation

Datanglah ke Royal Orchids di Prigen. Atau ke Sien Orchids, Frans & Edward Orchids, dan Handoyoharjo Orchids. Mata Anda akan dimanjakan aneka jenis anggrek keriting. Sekitar 70% isi kebun-kebun itu didominasi anggrek keriting.

Sepuluh tahun lalu ia tak dilirik orang. Floris enggan karena petal kecil. Kolektor tidak tertarik karena bentuk dan corak warna terbatas. Sekarang ragam anggrek keriting mengundang decak kagum.

Soal harga jangan khawatir. Ada yang Rp7.500/pot, hingga Rp 1 OO.OOO/pot untuk silangan istimewa. Yang sangat eksklusif malah bisa mencapai jutaan rupiah. Berikut Dendpobium Kepiting nan Cantik keriting unik dan cantik koleksi para penganggrek.

  • Dendrobium Kahlinwee x helixIa tampil paling mencolok di antara ratusan silangan koleksi Ir. Sutikno Linuhung. Kombinasi warna yang kontras, ungu dan hijau, membuat penampilan silangan kebanggaan pemilik Royal Orchids itu terkesan lembut dan indah mempesona.
  • Dendrobium Kahlinwee x veratifolia
    Koleksi Sutikno Linuhung ini ramai berbunga. Corak warna lembut, kombinasi ungu tua dan ungu muda.
  • Dendrobium Oriental StarMeski silangan lama, anggrek keriting yang satu ini masih banyak diminati. Helai bunga berwarna cerah, kombinasi hijau dan kecokelatan. Lidah kuning dengan garis-garis cokelat bersilang.
  • Dendrobium nindii x helixKombinasi wama mirip Kahlinwee x veratifolia. Keistimewaannya, “tanduk” tampil lebih panjang dan lebih melintir, warisan dari tetuanya D. helix. Karena itu ia banyak diburu para maniak dendro keriting.
  • Dendrobium spectabile x Andrew MillerIa termasuk silangan terbaru Moling Simardjo. Meski tanduk kurang melintir, corak warna menarik. Hijau bergaris cokelat di bagian lidah.
  • Dendrobium Indonesia BeautyHasil silangan D. Alice Ogata x Indonesia Emas itu sangat indah. Wama bunga lembut kombinasi kuning krem dan cokelat muda. Tanduk panjang dan kokoh.
  • Dendrobium Pita LokaMeski tergolong silangan lama, silangan Sentani Blue x violaceoflaven yang dianugerahi nama Pita Loka oleh Presiden Megawati itu tetap diminati. Ia cepat berbunga. Bunga cantik dan besar.
  • Dendrobium Cinta AcehSilangan D. Betty Goto x gouldii ini sangat menarik. Bunga ungu tua dilingkari warna putih di pinggir setiap helaian. Silangan yang mulai berbunga pada 1998 itu dinamakan Cinta Aceh sebagai wujud rasa cinta Moling kepada saudara kita di Serambi Mekah yang sedang bergolak.
  • Dendrobium Cinta PapuaSebagai rasa cintanya kepada masyarakat Papua, Moling menamakan silangan Betty Goto x taurinum dengan Dendrobium Cinta Papua. Bunga ungu kebiruan di ujung setiap helaian dan putih krem di bagian pangkal. Saking indahnya Menteri Pertanian Bungaran Saragih tertarik mempersatukannya dengan Cinta Aceh. Hasil silangannya akan dinamakan Dendrobium Indonesia Bersatu.
  • Dendrobium Metasari x gouldiiIa termasuk silangan baru Moling yang diminati konsumen karena unik penampilannya. Hampir setiap kelopak menggulung. Warna bunga lembut, ungu muda kombinasi krem kecokelatan.
  • Dendrobuium Tretes Moon x albertisiiSilangan ini menghasilkan bunga tiga warna. Tanduk hijau, kelopak putih, dan lidah ungu kemerahan berbintik putih. Ia salah satu andalan Moling.