Jangan Salah Pilih Ikan Cupang Aduan, Pilih Jenis Sesuai Gaya Bertarung

Ikan Cupang Aduan Terbaik

Anda mengenal dengan baik jenis ikan cupang aduan yang andal untuk diadu? Hampir dapat dipastikan, penggemar Bettas fish adu tahu nama, tapi tidak tahu pasti sosoknya. Tidak salah, sebab para pedagang itu sendiri kadang asal sebut. Memang, satu sama lain jenis cupang tidak ada perbedaan mencolok baik ukuran maupun warna ikan cupang.
Inilah hobi yang disenangi bocah kecil hingga kakek tua renta. Adu Bettas fish melanda kota-kota besar. Beragam jenis Bettas fish pun tersedia di penjual-penjual ikan hias, mulai dari impor hingga tangkaran lokal. Kalau dihitung jumlahnya mencapai belasan jenis seperti Ikan cupang merah, cupang bagan, Cupang singapore dll.

Jenis cupang silangan Aduan terbaik

“Semua itu sebenarnya muncul karena kombinasi persilangan antar jenis cupang, yakni Betta imbilis, Betta splendens, dan Betta smaragdina,” ungkap Jeremia Nataniel. Importir sekaligus penangkar Siamese fighting fish aduan di daerah Johar Baru, Jakarta Pusat, itu menyatakan sulit membedakan satu sama lain jenis cupang hanya berdasarkan warna ikan cupang. Namun, toh Nataniel yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia cupang, bisa hafal di luar kepala.

Cupang Singapur impor

Bettas fish yang dianggap piawai bertarung ini spesies Betta imbilis. Badannya panjang dengan tubuh biru kemilau atau hijau tua cemerlang. Sirip punggung kecil, warna ikan cupang seperti ada bercak hitam. Sementara sirip bawah merah bertepi biru. Sirip ekor merah berukuran kecil. Sirip perutnya pendek, berwarna merah dengan ujung putih.
Bentuk kepala yang menyerupai ikan gabus (Channa sp.) dilengkapi ring bibir tebal. Warnanya hitam legam. Singapur impor mempunyai karakter gesit dan ganas. Gaya bertarungnya slugger murni. Di pasaran dijual dengan harga Rp 100.000-Rp 200.000/ekor.

Cupang Singapur belgi

Bettas fish Singapur belgi termasuk spesies Betta smaragdina. Bentuk badan compressed berwarna hijau toska cemerlang. Ikan cupang aduan memiliki ciri ciri Sirip punggung, ekor, dan warna ikan cupang yang bervariasi serta sirip bawah hijau cemerlang dihiasi totol-totol hitam. Sirip perut pendek tapi lebar, berwarna hitam dan putih di ujung. Gaya bertarung Bettas fish singapur belgi semi slugger dan slugger fighter. Harga standar di penjual ikan hias Rp 100.000/ ekor.

Cupang Singapur lokal

Jenis cupang Singapur lokal terdiri dari dua varietas, yakni yang bersirip perut merah dan hitam. warna ikan cupang merah dengan ujung kebiruan atau kehijauan berasal dari persilangan spesies Betta imbilis dengan betina lokal spesies Betta splenden.
Bentuk tubuh sedikit melebar. Warna bervariasi, ada kelabu, biru muda, hijau muda, merah separuh hitam, dan silver atau kelabu keputihan. Siripnya juga beragam tergantung warna tubuh. Meskipun begitu, umumnya pada sirip bawah tidak terdapat garis kecil hitam. Sementara kepala agak besar berwarna hitam kemerahan.
Ikan cupang aduan yang dijual di pasaran Rp 5.000-Rp 15.000/ekor ini mempunyai gaya bertarung beragam, dancer fighter, semi slugger, dan fighter murni.
Varietas kedua hasil persilangan Betta imbilis dan betina Betta splendens. Bentuk tubuh dan warnanya tidak jauh berbeda dengan Betta imbilis induk jantannya. Hanya saja totol-totol pada sirip jumlahnya sedikit dan berubah menjadi bercak-bercak hitam.
Sirip perut hitam dan ujungnya sama dengan warna tubuh. Bettas fish bergaya tarung semi slugger fighter ini ada yang bertubuh biru tua atau dark blue. Di pasaran dijual dengan standar harga Rp 5.000-Rp lO.OOO/ekor.

Cupang Bagan

Cupang bagan sebenarnya sama dengan varietas singapur lokal. Hanya saja para penangkar di wilayah Sumatera Timur lebih selektif memilih bibit pej antan dan betinanya. Sehingga hasil tangkarannya lebih baik daripada Bettas fish aduan jenis singapur lokal. Bahkan kualitas cupang bagan menyamai singapur impor. Siamese fighting fishjenis bagan yang terkenal saat sekarang adalah seri caplak 16.
Bettas fish bagan Caplak 16 merupakan hasil silangan antara singapur belgi seri 16 dengan betina Betta splendens. Bentuk tubuhnya compressed dengan warna ikan cupang hijau toska dan biru tua. Pada bagian siripnya terdapat totol-totol hitam sebagai ciri khas Betta smaragdina. Harga Bettas fish bergaya tarung slugger fighter ini cukup tinggi Rp 75.000/ekor karena memang sedang naik daun

Cupang Malaysia

Ikan cupang aduan ini ialah hasil persilangan dari Betta imbilis, B. splendens, dan B. smaragdina, sehingga ragamnya sangat bervariasi. Ada yang mirip singapur,singapur belgi dan Bettas fish bangkok Salah satu varietas Bettas fish adu asal malaysia yang sedang populer ini bernama Siamese fighting fish Aduan Serie Ipoh, Ipoh agak sulit dibedakan dengan singapur lokal.
Supaya tidak terkecoh pada saat membeli perhatikan gerakan tubuhnya. Jika gerakannya kurang lincah dan tubuh gemuk atau tidak atletis dipastikan Bettas fish lain. Ipoh gerak-geriknya lincah dan cenderung galak. Harga di pasaran berkisar Rp 80.000-Rp l00.000/ekor.

Cupang Kamboja

Bettas fish kamboja berasal dari silangan jenis cupang Betta imbilis dan Betta splendens. Namun, jantan dan betina yang digunakan mempunyai warna tubuh ikan Bettas yang sama. Warna tubuh kamboja mirip Bettas fish aduan singapur. Bedanya pada bagian sirip bawah tidak terdapat garis hitam kecil vertikal. Bentuk kepala besar dan panjang, serta ring bibir tebal.
Bentuk tubuh Bettas kamboja lebih lebar dibanding singapur. Warnanya hijau toska dan biru toska. Sirip perut merah kombinasi hitam, dan di ujung sama dengan warna tubuh.
Ikan cupang aduan ini mempunyai gaya bertarung slugger dancer dengan pukulan pamungkas baling nombak sentak. Harga di pasaran Rp 250.000/ekor.
Vietnam
Dihasilkan dari persilangan Betta imbilis dan Betta smaragdina. Bentuk tubuhnya panjang warna hitam kebiruan dengan kepala besar seperti cupang bagan. Ring bibir tebal. Sirip biru tua dan hijau tua. Sementara pada sirip punggung dan ekor terdapat totol-totol hitam ciri khas Betta smaragdina. Sirip perut hitam berhiaskan merah pada pangkalnya.
Bettas Vietnam bergaya tarung slugger fighter. Karakternya ganas dan mempunyai pukulan andalan nombak sentak yang diarahkan ke bagian ring bibir. Harga seekor Bettas Vietnam Rp 100.000-Rp 250.000.

Ikan Cupang merah

Ikan cupang merah juga dikenal sebagai ‘wine red betta’, dan merupakan nama yang diberikan kepada sekelompok spesies yang berkerabat dekat dalam genus B. coccina. Kecuali B. hendra, B. persephone, dan B. miniopinna, yang berwarna kehijauan atau kecoklatan, Spesies ini sebagian besar terdiri dari ikan kecil berwarna merah.
Ikan cupang merah tidak cocok untuk tangki komunitas biasa. Paling baik disimpan sendiri atau dengan spesies yang sangat tenang karena persyaratan perawatan dan disposisinya. Beberapa cyprinids dan loaches kecil yang hidup di habitat serupa di alam cocok, tetapi penelitian menyeluruh diperlukan sebelum membeli, dan disarankan untuk menyimpannya sendiri di sebagian besar keadaan.
Ada pendapat yang bertentangan tentang apakah Siamese fighting fish merah dapat disimpan dalam beberapa pasangan atau kelompok gaya harem dengan satu laki-laki dan beberapa perempuan.
Meskipun beberapa pengejaran dan pertengkaran memperebutkan wilayah terjadi, kerusakan fisik yang serius jarang terjadi, menurut beberapa, sementara yang lain mendesak untuk mempertahankannya dalam pasangan tunggal setelah menyaksikan agresi terus-menerus terhadap spesies sejenis dari hewan dominan dalam suatu kelompok.

Mengapa Ikan Cupang Suka Bertarung?

Ikan cupang, yang biasa disebut Siamese Fighting Fish, secara alami bersifat agresif. Jantan akan menjadi sangat teritorial di alam liar, yang merupakan salah satu alasan utama mereka bertarung di tempat. Ikan-ikan di habitat aslinya seringkali memiliki sumber makanan yang terbatas sehingga mereka harus bersaing, dan mereka akan dengan gigih mempertahankan pasokan makanan wilayah mereka.
Ikan cupang jantan akan menggunakan naluri bertarungnya untuk mempertahankan sarang gelembung dan telur di dalamnya. Jantan berharap bahwa sarang yang mereka buat akan menarik betina, tetapi jantan lain di wilayah mereka dapat membahayakan prospek keberhasilan reproduksi mereka.
Intimidasi adalah alasan lain mengapa ikan cupang berkelahi. Gerakan, terutama dari ikan dengan sirip panjang dan ekor besar, dapat menakuti mereka. Rona warna yang lebih cerah juga dapat menyebabkan reaksi ini, yang tidak terlalu mengkhawatirkan tetapi masih layak disebut.
Dalam pertarungan ikan cupang jantan, stres bisa menjadi salah satu faktornya. Perubahan kondisi air dapat membuat Ikan Petarung Siam Anda mengalami stres berat. Mengubah dekorasi tangki, yang dapat mengganggu wilayah yang sudah mapan, adalah sumber stres lainnya.
Ikan Cupang jantan dikenal suka bertarung di tempat, tetapi mereka juga bisa melakukan kekerasan terhadap Ikan Siamese Fighting betina. Itulah sebabnya, kecuali mereka berniat untuk membiakkannya, banyak pemelihara ikan cupang tidak akan memelihara ikan cupang betina dan jantan.
Ketika berbicara tentang perbedaan ikan cupang betina dan pejantan, insang dan sirip jantan yang melebar bisa menjadi tanda siap berkembang biak. Betina dalam tangki komunitas mungkin agresif satu sama lain kecuali jika tatanan sosial terbentuk. Ketika urutan perkumpulan mahasiswi dipahami, ikan Cupang betina, terutama Betta Imbellis, biasanya lebih tenang daripada rekan jantan mereka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.