Dua Varietas Melon Terbaik dari Negeri Jepang

Rock Melon

Masyarakat jepang sangat menyukai buah yang bercita rasa manis, Buah semangka dan melon adalah salah satu buah yang populer di Jepang. Melon Jepang memiliki rasa yang sangat manis dan segar, dan banyak orang menyukainya.

Melon Jepang juga terkenal sebagai salah satu buah terbaik di dunia. Jepang memang terkenal dengan buah-buahnya yang sangat segar dan berkualitas tinggi, dan melon adalah salah satu contohnya.

Buah ini tersedia di seluruh Jepang, dan banyak orang menjadikannya sebagai makanan penutup setelah makan siang atau makan malam.

Melon Jepang juga sangat bagus untuk kesehatan. Buah ini mengandung banyak vitamin C, sehingga dapat meningkatkan sistem immun Anda. Vitamin C juga dapat membantu Anda dalam mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda.

Selain itu, melon Jepang juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Ada banyak varietas melon di Jepang, tetapi melon Hino Akai adalah yang terbaik. Melon Musk harvest king ditanam di daerah Shizuoka, Jepang, dan unik karena rasanya sangat manis. Ada juga melon Musk rugger, tetapi Melon Musk harvest king adalah yang terbaik karena rasanya yang khas.

Ketika jauh di mancanegara, apa gang dapat memupus kerinduan seseorang? Bagi Ishizu, perempuan asal Jepang, musk harvest king jawabannya. Dua tahun tinggal di Hegarmanah, Bandung, ia merindukan melon manis yang biasa disantap di kampung halamannya itu. “Enak. Kadang-kadang terlampau manis jika dipetik terlalu matang,” katanya.

Sejak 6 bulan silam, Ishizu yang mengikuti sang suami mengajar di Bandung rutin mendapat kiriman musk harvest king. Yang memasok buah kegemaran adalah Asep Gunawan, pekebun di Lembang, Bandung. Setiap minggu pemilik VNG Farm itu mengantarkan 8 buah berukuran rata-rata 1,2 kg. Ia mengebunkan 2 jenis melon asal negeri Sakura.

Meski semula para ekspatriat Jepang yang disasar, kini keduanya mulai disukai masyarakat luas. Padahal, harga buah anggota famili Cucurbitaceae itu relatif mahal, Rp 17.500 per kg. Artinya, harga sebuah melon mencapai Rp21.000 karena bobot rata-rata 1,2 kg. Bandingkan dengan melon jenis lain yang berkisar Rp7.000- Rp8.000 per buah. Berikut sosok kedua melon dari Jepang.

Melon Musk harvest king

Melon | Perkebunan | Mitra Usaha Tani

Tak jelas mengapa ia disebut demikian. Yang pasti rasanya sangat manis. Kadar gula mencapai 17-18 briks. Itu jika dituai matang. Sayang, ekspatriat Jepang kurang menyukai musk harvest king yang terlampau manis.

Melon musk adalah sejenis melon yang berasal dari kawasan wilayah jepang. Melon musk tumbuh secara optimal di daerah yang memiliki iklim seperti wilayah nagasaki. Tanaman ini berbentuk persegi dan berwarna hijau tua. Biji melon musk berwarna hitam dan berbentuk bulat. Tanaman ini tumbuh tegak dan berdaun lebar. Bunga melon musk berwarna kuning dan berbentuk seperti bunga kol. Buah melon musk berwarna hijau dan berbentuk seperti labu.

Melon musk dapat ditanam di daerah yang memiliki iklim tropis atau sedang. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang beriklim lembab. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah selama tanah tersebut memiliki kandungan air yang cukup. Melon musk dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan yang tinggi maupun rendah. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah dengan suhu udara yang sedang.

Melon musk biasanya dipanen pada bulan Juli sampai September. Buah melon musk dapat dimakan segar atau diolah menjadi jus. Biji melon musk dapat digunakan sebagai bahan pembuatan minyak.

Daging buah berwarna jingga terasa lembut di lidah. Ketika dibelah horizontal, daging buah mudah dikerok dengan sendok. “Lebih enak jika diinapkan semalam,” ujar Asep Gunawan memberi tip. Hampir tak ada rongga seperti lazimnya melon jenis lain. Ruang kecil disesaki biji. Bentuk buah cenderung bulat bergaris tengah 15 cm. Jaring yang menghiasi kulit tampak menonjol berwarna putih.

Asep menanam musk harvest king dalam greenhouse berpopulasi 500 tanaman. Interval penanaman 2 pekan. Ketika buah seukuran telur ayam, dilakukan seleksi. Sebab, ia hanya mempertahankan maksimal 2 buah per tanaman.

Melon Musk rugger

Melon2 2 | Perkebunan | Mitra Usaha Tani
Ia acap disebut melon semangka. Musababnya, di permukaan kulit terdapat lekukan berwarna hijau tua dan tanpa jaring mirip kulit semangka. Bentuk agak lonjong, bobot rata-rata 1,2 kg. Dibanding musk harvest king, jaring musk rugger relatif tipis. Tekstur keras, sehingga cocok untuk pengangkutan jarak jauh. Ia mampu bertahan 7-10 hari di suhu kamar.

Saat dibelah tampak daging buah berwarna jingga muda. Asep menyarankan, musk rugger dikonsumsi 3 hari usai pemetikan. Rasanya manis, kadar gula mencapai 16-17 briks. Lantaran kandungan air relatif sedikit, musk rugger terasa renyah. Jika digigit kerenyahan itu terasa sekali, terdengar bunyi kriuk-kriuk. Semakin mendekati kulit, aroma daging buah menjadi langu.

Pria 37 tahun itu menanam 500 tanaman di sebuah greenhouse setiap 2 pekan. Di balik keistimewaan itu ia rentan serangan embun tepung ketika kemarau.

Rock melon

Pakar buah-buahan tropis, Dr Mohammad Reza Tirtawinata, yang dihubungi Mitra Usaha Tani menduga, kedua jenis melon baru itu termasuk kelompok rock melon. Rock melon dicirikan oleh kulit dasar yang hijau tua dan berjaring putih. Daging buah jingga dan tebal serta susunan biji rapi.

Melihat kadar gula yang tinggi, direktur operasional PT Unggul Mekar Sari-pengelola Kebun Buah Mekarsari itu menuturkan, “Wow hebat!” Soalnya, rata-rata kadar gula rock melon 13-14 briks. Di pasar-pasar swalayan harganya pun Rp6.000-Rp7.000 per kg, jauh lebih rendah ketimbang 2 melon baru itu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.