Paracetamol Alami Untuk Meredakan sakit kepala

Dedalu Putih | Kesehatan | Mitra Usaha Tani

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang umum terjadi dan sering dialami oleh sebagian besar orang. Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stress, kelelahan, flu, sinusitis, dan lain-lain. Penyakit ini dapat memberikan gejala berupa rasa nyeri, sakit, dan kepala pusing.

Pengobatan untuk sakit kepala dapat berupa penggunaan obat-obatan tertentu, penyembuhan penyakit yang mendasarinya, dan pengobatan secara tradisional. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko terkena sakit kepala, seperti menjaga kesehatan tubuh, mengatur pola hidup sehat, dan melakukan olahraga teratur.

Sakit kepala dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk segera mengobati penyakit ini dan menjaga kesehatan tubuh.

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi. Penyebabnya bermacam-macam, misalnya karena stress, kelelahan, flu, atau sinusitis. Gejala yang ditimbulkan oleh sakit kepala antara lain rasa nyeri, sakit, dan kepala pusing.

Pengobatan untuk sakit kepala

Pengobatan untuk sakit kepala dapat berupa penggunaan obat-obatan tertentu, penyembuhan penyakit yang mendasarinya, dan pengobatan secara tradisional. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi risiko terkena sakit kepala, seperti menjaga kesehatan tubuh, mengatur pola hidup sehat, dan melakukan olahraga teratur.

Sakit kepala dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk segera mengobati penyakit ini dan menjaga kesehatan tubuh.

Parasetamol telah menjadi analgesik  yang paling banyak digunakan dan mudah diakses sejak 1950-an. Mungkin mengejutkan mengetahui bahwa mekanisme kerjanya kurang dipahami mengingat seberapa umum digunakan dan dapat diakses.

Pembawa pesan kimiawi peradangan dan nyeri disebutkan dalam beberapa teori mekanisme dan khasiat obat dari  parasetamol. Lainnya berhubungan dengan saraf tulang belakang dan neurotransmisi otak dalam beberapa cara. Tak satu pun dari proposal telah mengumpulkan cukup bukti untuk memenangkan semua orang. Salah satu metode blok parasetamol adalah enzim siklooksigenase (COX), yang telah dipelajari oleh para peneliti.

Hal Ini berkontribusi pada pembentukan prostaglandin, molekul sinyal yang mengatur peradangan dan rasa sakit. Ini akan membuat parasetamol sebanding dengan ibuprofen atau aspirin. Parasetamol, bagaimanapun, terus kurang dipahami dan termasuk dalam kelas yang berbeda.

Sekarang ini, sakit kepala belakang telah menjadi salah satu penyebab utama dari gangguan kesehatan yang serius. Hampir setiap orang pernah mengalami sakit kepala belakang selama hidupnya. Sakit kepala belakang adalah sakit yang dirasakan di bagian belakang kepala. Gejala sakit kepala belakang bervariasi, tetapi seringkali disertai dengan nyeri kepala, kelemahan, pusing, dan mual.

Penyebab Sakit Kepala Belakang

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah:

  1.  Kelelahan
    Kelelahan adalah salah satu faktor yang sering menyebabkan sakit kepala belakang. Ketika tubuh bekerja terlalu keras dan melelah, otot-otot leher dan punggung akan tegang, sehingga menyebabkan sakit kepala belakang.
  2. Postur Tubuh yang Salah
    Postur tubuh yang salah juga dapat menyebabkan sakit kepala belakang. Misalnya, jika tubuh kita terlalu membungkuk, maka akan terjadi tekanan pada punggung dan otot leher, sehingga menyebabkan sakit kepala belakang.
  3. Gangguan pada Tulang Belakang
    Gangguan pada tulang belakang seperti hernia diskus, spondilitis, dan scoliosis dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  4. 4. Penyakit Saraf
    Penyakit saraf seperti sakit kepala migrain, sakit kepala tension, dan sakit kepala cluster dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  5. 5. Gangguan pada Otot
    Gangguan pada otot seperti otot leher yang kaku, otot punggung yang kurang fleksibel, dan otot perut yang kendor dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  6. 6. Mata yang Kurang Sehat
    Mata yang kurang sehat seperti mata katarak, mata minus, dan mata plus dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  7. 7. Gangguan pada Sistem Peredaran Darah
    Gangguan pada sistem peredaran darah seperti stroke, aneurisma, dan hipertensi dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  8. 8. Penyakit Ginjal
    Penyakit ginjal seperti gagal ginjal, batu ginjal, dan penyakit nefritis dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  9. 9. Gangguan pada Sistem Pencernaan
    Gangguan pada sistem pencernaan seperti gastritis, ulkus peptikum, dan tumor usus dapat menyebabkan sakit kepala belakang.
  10. 10. Keadaan Umum yang Buruk
    Keadaan umum yang buruk seperti demam, kelelahan, dan keletihan dapat menyebabkan sakit kepala belakang.

Pengobatan Umum untuk sakit kepala migrain

Perawatan untuk sakit kepala migrain sedikit lebih agresif karena biasanya lebih parah daripada sakit kepala tegang. Resep dan obat bebas berikut dapat membantu Anda mengatasi gejala migrain:

Sakit kepala migrain ringan dapat dikurangi dengan obat penghilang rasa sakit seperti aspirin (Bufferin), acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil), dan naproxen (Aleve). Excedrin Migraine, obat yang dibuat khusus untuk migrain yang menggabungkan kafein dan aspirin, mungkin bermanfaat untuk sakit kepala ringan.

Jika Anda terlalu mual untuk minum obat oral, indometasin juga tersedia sebagai supositoria, yang mungkin berguna untuk penderita migrain.

Triptan dapat membantu menghalangi jalur nyeri otak. Dengan berinteraksi dengan reseptor serotonin, mereka mengurangi pembesaran pembuluh darah. Pil resep, semprotan hidung, dan suntikan adalah semua bentuk perawatan semacam ini. Sebagian besar pasien menemukan bahwa mengonsumsi satu tablet obat kombinasi triptan dan naproxen tremximet secara signifikan mengurangi gejala migrain mereka.

Ergot adalah sejenis obat yang sering mengandung kafein dan bahan kimia ergotamine. Pembuluh darah menyempit, yang mengurangi rasa sakit. Mereka bekerja paling baik bila diminum segera setelah gejala migrain muncul dan dapat mengurangi rasa sakit yang berlangsung selama lebih dari 48 jam. Suatu bentuk obat ergot yang disebut dihydroergotamine (Migranal) biasanya memiliki efek negatif yang lebih sedikit daripada ergotamine.

Metoclopramide (Reglan), prochlorperazine (Compazine), dan chlorpromazine (Thorazine) adalah beberapa contoh obat antiemetik yang dapat membantu.

Orang yang tidak dapat menggunakan triptan atau ergot sering beralih ke obat opioid, terutama yang mengandung opioid seperti kodein, untuk meredakan gejala migrain mereka. Karena obat-obatan ini memiliki kecenderungan untuk menjadi pembentuk kebiasaan, penggunaan jangka panjang tidak disarankan.

Sedangkan obat generic umum yang cocok sebagai rekomendasi obat pereda rasa sakit kepala ialah Saridon Extra, Obat ini masuk kedalam golongan Anti Nyeri yang berkhasiat Untuk meringankan sakit kepala, dan sakit gigi. Komposisi utama dalam saridon extra yang ampuh sebagai pereda sakit kepala yang terkandung didalammnya yaitu Paracetamol dan Caffein

Prednison dan deksametason adalah dua contoh glukokortikoid yang dapat mengurangi rasa sakit.
Orang yang mengalami migrain yang berlangsung 12 jam atau lebih, empat kali atau lebih per bulan, dapat mengambil manfaat dari penggunaan obat-obatan berikut untuk menghindari sakit kepala:

  • Migrain dapat dihindari dengan mengonsumsi beta-blocker, yang mengurangi respons tubuh terhadap hormon stres.
  • Penghambat saluran kalsium, yang sering diresepkan untuk tekanan darah tinggi, dapat membantu menghindari migrain yang mengganggu penglihatan.
  • Lisinopril (Prinivil, Zestril), obat yang biasa diberikan untuk tekanan darah tinggi, dapat mengurangi durasi dan keparahan sakit kepala migrain.
  • Amitriptyline, antidepresan trisiklik, dan venlafaxine, obat yang digunakan untuk mengobati depresi, dapat mencegah migrain dan mengurangi frekuensinya.
  • Obat-obatan yang mencegah kejang dapat mengurangi frekuensi migrain.
  • Orang dewasa dengan migrain kronis dapat mengambil manfaat dari suntikan Botox di leher dan dahi. Dalam tiga bulan, suntikan ini mungkin perlu diulang.
  • Bahan kimia penyebab migrain Erenumab-aooe (Aimovig) menghambat aktivitas kelas molekul tertentu. Untuk mengurangi migrain, obat ini dapat disuntikkan sebulan sekali.

Parasetamol

Paracetamol adalah obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi demam, nyeri dan sakit kepala. Paracetamol bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yang merupakan zat yang menyebabkan rasa nyeri dan demam. Selain itu, paracetamol juga dapat membantu mengurangi kejang otot dan menurunkan suhu tubuh.

Bagi orang dewasa, dosis paracetamol yang dianjurkan adalah 500 mg, yang dapat diberikan sebanyak 4 kali sehari. Untuk anak-anak, dosis yang dianjurkan adalah 60-90 mg per kg berat badan, yang dapat diberikan sebanyak 4-6 kali sehari. Demam tinggi atau sakit kepala yang berat dapat diberi dosis tinggi sebanyak 1000 mg sekali sehari.

Walaupun paracetamol aman dan biasanya tidak memiliki efek samping, namun penggunaan paracetamol secara berlebihan dapat menyebabkan gejala keracunan seperti mual, muntah, pusing, dan sakit perut. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi paracetamol, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Pasetamol adalah Pereda nyeri khas yang sering digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri adalah parasetamol. Selain sering digunakan sebagai pereda sakit kepala, dapat digunakan untuk menurunkan suhu tinggi.
Obat Ini ditawarkan dalam kombinasi dengan obat-obatan narkotika dan anti-penyakit lainnya. Ini juga merupakan komponen dari banyak obat antivirus yang berbeda.

  1. khasiat parasetamol bisa memakan waktu hingga satu jam.
  2. Satu atau dua tablet 500mg sekaligus membuat dosis parasetamol yang khas.
  3. Jangan pernah menggabungkan parasetamol dengan obat lain yang juga mengandung obat tersebut.
  4. Pada tingkat yang ditentukan, parasetamol aman digunakan selama kehamilan dan saat menyusui.
  5. Disprol, Hedex, Medinol, dan Panadol adalah contoh nama merek penghilang nyeri sakit kepala.

Menurut peneliti, migrain dan sakit kepala tegang berkorelasi langsung dengan kurang tidur. Kemampuan tubuh untuk menoleransi rasa sakit tampaknya berkurang karena kurang tidur, yang membuat sakit kepala lebih mungkin terjadi.

Namun, ada sejumlah obat, pengobatan rumahan, dan kebiasaan tidur yang baik yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati sakit kepala ini. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui perawatan mana yang paling efektif untuk Anda.

Panadol Extra

Panadol Extra adalah obat penghilang rasa sakit yang mengandung parasetamol dan kafein. Panadol Extra tersedia di apotik terdekat dan bisa anda beli tanpa resep. Panadol Extra digunakan untuk mengobati rasa sakit dan demam. Panadol Extra tersedia dalam bentuk tablet dan cair.

Panadol Extra adalah kombinasi parasetamol dan kafein. Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang mengurangi rasa sakit dengan menghalangi produksi prostaglandin, bahan kimia yang menyebabkan peradangan. Kafein adalah stimulan yang membantu menghilangkan rasa sakit dan kelelahan. Panadol Extra tersedia di konter tanpa resep.

Panadol Extra digunakan untuk mengobati rasa sakit dan demam. Ini tersedia dalam bentuk tablet dan cair. Dosis Panadol Extra yang dianjurkan untuk orang dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas adalah dua tablet atau satu sendok teh cairan setiap empat jam sesuai kebutuhan. Jangan minum lebih dari delapan tablet atau empat sendok teh cairan dalam sehari.

Panadol Extra dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan hati jika dikonsumsi dalam dosis besar. Jangan mengambil lebih dari dosis yang dianjurkan.

Panadol Extra tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap parasetamol atau kafein, atau yang memiliki kerusakan hati. Itu juga tidak boleh diambil oleh wanita hamil atau wanita yang sedang menyusui.

Panadol merah

Panadol merah adalah obat penurun panas yang sangat populer di Indonesia. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi suhu tubuh dengan menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin merupakan zat yang berperan dalam proses pembentukan panas di tubuh. Selain itu, panadol merah juga memiliki efek analgesik yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri.

Panadol merah biasanya dikonsumsi ketika tubuh terasa panas akibat demam, flu, ataupun sakit kepala. Obat ini dapat dikonsumsi secara oral ataupun diteteskan ke dalam mulut. Selain itu, panadol merah juga dapat diberikan secara topical pada bagian yang sakit.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, panadol merah sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan teratur. Jika Anda memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi panadol merah.

Panadol merah merupakan obat yang aman dan efektif untuk mengatasi panas tubuh. Selain itu, obat ini juga memiliki efek analgesik yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri.

Tumbuhan Penghilang Rasa Sakit Alami Dari Alam

Alba | Kesehatan | Mitra Usaha Tani

Tumbuhan Salix alba atau yang lebih dikenal dengan dedalu putih

Salix alba dikenal dengan nama populer “Dedalu putih”. Kulit pohon Dedalu putih memiliki sejarah panjang digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk rasa sakit dan peradangan karena mengandung salisin, zat yang mirip dengan aspirin.

Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa itu sama efektifnya dengan pengobatan konvensional untuk mengurangi rasa sakit pada pasien dengan gangguan lutut dan pinggul ringan hingga sedang. Osteoarthritis, ketidaknyamanan sendi, dan nyeri punggung akut semua dapat dibantu oleh kulit pohon Dedalu putih.

Salai guggul adalah nama umum untuk tanaman Boswellia serrata. Asam boswellic, yang berlimpah dalam getah resin dan memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, adalah bahan kimia ini. Ramuan Salai guggul sering digunakan dalam pengobatan Ayurveda.

Kunyit adalah tanaman herbal dari India dan Indonesia yang berkerabat dengan jahe dan memiliki bota nama panggilan Curcuma longa. Ramuan ini telah menerima penelitian ekstensif; itu digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati radang sendi dengan menekan sitokin inflamasi; penelitian yang lebih baru telah mengungkapkan bahwa itu juga dapat mengubah respons imunologis, membuatnya berguna untuk penyakit inflamasi dan auto imun.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.