Memahami Cara Menggunakan Pupuk NPK Phonska untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Ponska | Pertanian | Mitra Usaha Tani

Pupuk Phonska adalah pupuk yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan produksi tanaman dan memberikan rakyat Indonesia manfaat ekonomi. Pupuk ini disubsidi oleh pemerintah dan ditawarkan kepada petani dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasar. Subsidi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani di Indonesia. Pupuk NPK Phonska didistribusikan dengan harga yang relatif lebih murah karena disubsidi oleh pemerintah. .

Pupuk phonska mengandung unsur hara penting bagi tanaman. Pupuk phonska diproduksi PT. Pada awal 2000, Petrokimia Gresik mulai memperdagangkan secara resmi di seluruh Indonesia sejak Agustus 2000. Para petani dapat memilih dua ukuran kemasan pupuk phonska, yaitu berukuran 20 kg dan 50 kg. Pupuk phonska hanya di distribusikan untuk kalangan petani yang memiliki kartu Tani resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian BUMN dan Pemerintah Daerah.

Pupuk phonska juga dikenal dengan nama pupuk majemuk NPK yang mengandung unsur hara makro yang terdiri dari nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K) dan sulfur (S). Dengan ini, petani dapat membelinya dengan harga yang lebih terjangkau

Pada awal tahun 2000, Pupuk NPK Phonska mulai diproduksi, dan pada bulan Agustus tahun yang sama, produk ini mulai dipasarkan ke seluruh Indonesia. Pupuk Phonska ini pertama kali diproduksi oleh PT. Petrokimia Gresik, sebuah BUMN yang berfokus pada produksi pupuk dan semen.

Produk pupuk phonska hadir dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari 20 kg hingga 50 kg. Namun, pupuk bersubsidi ini tersedia di sistem tertutup sehingga tidak bisa dibeli secara bebas di pasar. Oleh karena itu, petani yang ingin mendapatkan pupuk phonska perlu terdaftar dalam kelompok tani terlebih dahulu.

Saat ini pupuk Phonska telah terkenal luas dan banyak dipakai oleh para petani. Keberadaannya sangat membantu para petani karena harganya yang terjangkau serta mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Petani padi khususnya banyak yang menggunakan pupuk ini, karena dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas gabah. Tanaman padi yang dipupuk dengan Phonska akan menghasilkan bulir yang lebih berisi.

Kandungan dan Manfaat pupuk Phonska

Pupuk ini bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dan menambah kandungan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Pupuk ini juga berguna untuk mengurangi kerusakan tanaman yang disebabkan oleh hama dan penyakit. Pupuk Phonska dapat membantu meningkatkan produktivitas tanaman dan kualitas hasil panen.

Masing-masing unsur hara yang terdapat pada pupuk Phonska memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi pertumbuhan tanaman. Manfaat pupuk Phonska antara lain memacu pertumbuhan vegetatif dan generatif, menguatkan batang tanaman, memperlancar proses pembentukan gula dan pati, memacu pembentukan akar, membuat tanaman lebih hijau dan sehat, meningkatkan daya tahan terhadap kekeringan dan serangan penyakit, memacu pertumbuhan bunga dan buah, membantu memperbesar buah, umbi dan biji, dan meningkatkan kandungan protein pada tanaman.

Komposisi pupuk Phonska menggabungkan unsur penting yang diperlukan oleh tanaman untuk membantu pertumbuhan dan produksi yang optimal. Komposisi pupuk ini memiliki unsur nitrogen, fosfor, kalium, dan unsur hara lainnya. Komposisi pupuk Phonska juga mengandung bahan organik yang membantu meningkatkan sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Ini juga membantu meningkatkan ketersediaan unsur hara tanah, sehingga tanaman dapat mengakses nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan produksi yang lebih baik.

Pupuk ini diformulasikan khusus untuk meningkatkan hasil dan kualitas tanaman cabe, padi, dan jagung. Phonska mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium yang semuanya diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat dan produksi yang tinggi. Komposisi pupuk Phonska terdiri dari N (Nitrogen) sebanyak 15%, P2O5 (Phosphat) sebesar 10%, K (Kalium) 12%, dan S (Sulfur) 10%.

Pupuk ini juga membantu meningkatkan kandungan nutrisi tanaman dan membantu meningkatkan tingkat vitamin dan mineral. Pupuk ini juga bermanfaat untuk mengurangi kerusakan akibat hama dan penyakit. Dengan menggunakan pupuk NPK Phonska, tanaman cabe, padi, dan jagung akan memiliki hasil yang lebih baik dan berkualitas.

Mendorong laju pertumbuhan vegetatif dan generatif

Pupuk Ponska berfungsi untuk memberikan kekuatan pada batang tanaman sehingga tidak mudah tumbang. Pupuk ini mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh dengan optimal dan memiliki batang yang kokoh

Pupuk Ponska membantu meningkatkan produksi gula dan pati pada tanaman. Ini dicapai dengan mempercepat proses pembentukan gula dan pati secara signifikan. Pupuk Ponska juga mengandung bahan organik yang penting untuk menjaga kesehatan tanaman dan meningkatkan ketahanan mereka terhadap penyakit. Selain itu, pupuk ini juga mengandung unsur hara yang membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produktivitas. Ini membantu meningkatkan kualitas dan jumlah hasil tanaman.

Mendorong pertumbuhan akar tanaman secara signifikan

Pupuk Ponska dapat membantu memacu pertumbuhan akar tanaman. Ini berfungsi sebagai penambah nutrisi dan juga berfungsi sebagai bahan pemeliharaan yang baik bagi tanaman dalam meningkatkan pertumbuhan akar. Pupuk Ponska juga mengandung unsur hara yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan akar tanaman. Pupuk ini dapat digunakan untuk membuat tanaman tumbuh lebih kuat dan lebih sehat.

tanaman menjadi sehat dan hijau.

Pupuk Ponska dapat membantu membuat tanaman Anda lebih hijau dan sehat. Ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman, mengurangi kerusakan, dan meningkatkan produktivitasnya. Pupuk Ponska juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tanaman, termasuk Makro dan Mikro Nutrien yang dapat membantu tanaman tumbuh sehat dan subur. Pupuk ini juga mengandung unsur hara yang membantu meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah, dan meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap air. Pupuk Ponska sangat efektif dalam membantu tanaman Anda menjadi lebih hijau dan sehat.

Memberikan tanaman perlindungan yang lebih baik terhadap kondisi kekeringan

Pupuk ini mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan dan membantu tanaman untuk tumbuh dengan baik. Pupuk Ponska juga membantu meningkatkan kadar air tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan lebih baik dan tahan terhadap kekeringan. Dengan pupuk Ponska, tanaman dapat tumbuh dengan lebih kuat dan tahan terhadap kekeringan.

Menambah ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit.

Pupuk Ponska dapat membantu Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit. Ini terjadi karena pupuk ini dapat memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kesuburan tanah, dan meningkatkan sifat antioksidan tanaman. Selain itu, pupuk Ponska juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman untuk meningkatkan tingkat toleransi terhadap penyakit. Dengan menggunakan pupuk Ponska, tanaman dapat lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Mampu Mendorong pertumbuhan bunga dan buah

Pupuk Ponska dapat membantu agar tanaman membentuk bunga dan buah yang lebih baik. Ini karena pupuk ini mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Pupuk ini juga mengandung unsur hara bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanaman seperti meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan memperkuat akar tanaman. Kombinasi pupuk Ponska juga dapat membantu meningkatkan produksi buah dan menghasilkan buah yang lebih berkualitas.

Mendorong peningkatan ukuran buah, umbi dan biji

Pupuk Ponska dapat membantu meningkatkan ukuran buah, umbi, dan biji. Ini dapat meningkatkan produksi dan kualitas produk. Pupuk ini juga mengandung banyak mikro dan makronutrien yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanaman dan hasil. Pupuk ini dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan kadar air tanah, dan meningkatkan kualitas tanaman. Ini juga dapat membantu menghilangkan hama dan penyakit tanaman

Pupuk NPK Phonska palsu dan asli

Terdapat pupuk asli dan palsu yang beredar di pasaran. Pupuk asli memiliki komposisi yang tepat dengan kandungan unsur hara yang tepat pula. Namun pupuk palsu biasanya tidak memiliki komposisi yang baku dan kandungan unsur hara yang kurang baik. Pupuk palsu juga tidak dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan dapat menyebabkan kerusakan tanaman. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pupuk NPK Phonska yang dibeli adalah asli.

Pupuk NPK Phonska tersedia dalam berbagai ukuran pengepakan mulai dari 25 kg hingga 50 kg per sak. Perbedaan Ukuran pengepakan Ini membuatnya ideal untuk pengunaan jangka pendek dan jangka panjang bagi para petani. Pupuk ini memiliki kandungan yang beragam untuk membantu pertumbuhan tanaman, mempromosikan produksi tanaman yang berkualitas, dan membantu meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk ini juga aman untuk digunakan dan dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman.

cara menggunakan pupuk phonska

Tabel Petunjuk menunjukkan dibawah ini bahwa dosis pupuk yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan menggunakan jumlah pupuk yang wajar. Jumlah pupuk tergantung pada jenis tanaman, tipe tanah, dan jumlah air yang tersedia.

Padi Sawah
500 Petroganik

300 PHONSKA

200 Urea

Dasar :500 kg Petroganik +150 kg PHONSKA + 50 kg Urea

20 HST :150 kg PHONSKA + 50 kg Urea

35 HST :100 kg Urea

Jagung
500 Petroganik

300 PHONSKA

300 Urea

Dasar :500 kg Petroganik +150 kg PHONSKA + 75 kg Urea

20 HST :150 kg PHONSKA + 75 kg Urea

35 HST :150 kg Urea

Kedele /

Kacang Tanah

500 Petroganik

250 PHONSKA

Dasar : 500 kg Petroganik +125 kg PHONSKA 30 HST :125 kg PHONSKA
Ubi Kayu
500 Petroganik

300 PHONSKA

150 Urea

Dasar : 500 kg Petroganik +150 kg PHONSKA :+25 kg Urea

60 HST :150 kg PHONSKA +125 kg Urea

Ubi Jalar
500 Petroganik 300 PHONSKA 100 Urea
Dasar : 500 kg Petroganik +150 kg PHONSKA + 25 kg Urea

30 HST :150 kg PHONSKA+ 75 kg Urea

Bawang Merah
2.000 Petroganik 800 PHONSKA 400 ZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 450 kg PHONSKA 15 HST : 350 kg PHONSKA+ 100 kg ZA

30 HST 300 ⅛ ZA

Kentang
2.000 Petroganik

1.000 PHONSKA

200 ZA

Dasar : 2.000 kg Petroganik + 500 kg PHONSKA + IOOkgZA

30 HST 500 kg PHONSKA+ 100 kg ZA

Kubis
2.000 Petroganik 400 PHONSKA 300 ZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 200kg PHONSKA + 50 kg ZA

15 HST 200 kg PHONSKA+ 50 kg ZA

30 HST : ZOOkgZA

Tomat
2.000 Petroganik 800 PHONSKA ZOOZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 400 kg PHONSKA

15 HST 400 kg PHONSKA

30 HST 200 kg ZA

Wortel
2.000 Petroganik 400 PHONSKA 300 ZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 200 kg PHONSKA + 50 kg ZA

15 HST 200 kg PHONSKA + 50 kg ZA

30 HST 200 kg ZA

Buncis/

Kacang Panjang

2.000 Petroganik 450 PHONSKA
Dasar : 2.000 kg Petroganik +150 kg PHONSKA

15 HST 150 kg PHONSKA

30 HST :150 kg PHONSKA

Bawang Putih
2.000 Petroganik 800 PHONSKA 400 ZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 400 kg PHONSKA

20 HST : 400 kg PHONSKA+ 50 kg ZA

40 HST : 350 kg ZA

Lombok
2.000 Petroganik 800 PHONSKA 200 ZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 400 kg PHONSKA

20 HST : 400 kg PHONSKA

40 HST 200 kg ZA

Mentimun
2.000 Petroganik 400 PHONSKA
Dasar : 2.000 kg Petroganik +100 kg PHONSKA

20 HST :ISOkgPHONSKA

35 HST :150 kg PHONSKA

Terong
2.000 Petroganik 700 PHONSKA 150 ZA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 300 kg PHONSKA

20 HST : 300 kg PHONSKA

40 HST =IOOkgPHONSKA+ 150 kg ZA

Brokoli

Kubis Bunga

2.000 Petroganik 800 PHONSKA
Dasar : 2.000 kg Petroganik + 300 kg PHONSKA

15 HST : 250 kg PHONSKA

30 HST : 250 kg Urea

Tebu
1.000 Petroganik 480 PHONSKA 440 ZA

80 KCL

Dasar !.OOOkgPetroganik + 240 kg PHONSKA+ 220 kg ZA

35 HST 240 kg PHONSKA+ 220 kg ZA + 80 kg KCL

Semangka / Melon
2.000 Petroganik

1.200 PHONSKA 250 ZK

Dasar 2.000 kg Petroganik + 400 kg PHONSKA + 125 kg ZK

1-8MST : 800kgPHONSKA+ 125kgZK

(sistem kocoran:100-180 gr/10 Ltair untuk 40 tanaman

setiap 3 hari sekali)

Jeruk *
3.000 Petroganik

1.600 KEBOMAS

Awal Musim Hujan:

3.000 gr Petroganik + 800 gr PHONSKA

Akhir Musim Hujan

800 gr PHONSKA

Apel
3.000 Petroganik

1.600 PHONSKA

Setelah Rompes:

3.000 gr Petroganik + 800 gr PHONSKA

Saat Pembesaran Buah:

800 gr PHONSKA

Anggur *
3.000 Petroganik

1.800 PHONSKA

Setelah Rompas:

3.000 gr Petroganik + 900 gr PHONSKA

Saat Pembesaran Buah:

900 gr PHONSKA

Kopi *
3.000 Petroganik

1.100 PHONSKA

180 Kieserit

Awal Musim Hujan:

3.000 gr Petroganik + 550 gr PHONSKA +

90 gr Kieserit

Akhir Musim Hujan:

500 gr PHONSKA +90 gr Kieserit

kakao *
3.000 Petroganik

1.000 PHONSKA

150 Kieserit

Awal Musim Hujan:

3.000 gr Petroganik+ 500 gr PHONSKA +

75 gr Kieserit

Akhir Musim Hujan:

500 gr PHONSKA+ 75 gr Kieserit

Lada *
3.000 Petroganik

3.160 PHONSKA

300 KCL

275 Kieserit

Awal Musim Hujan:

3.000 gr Petroganik + 1.500 gr PHONSKA +

120 gr KCL+ 100 gr Kieserit

Susulan I : 850 gr PHONSKA + 90 gr KCL + 85 gr Kieserit

Susulan Il : 540 gr PHONSKA + 60 gr KCL + 60 gr Kieserit

Susulan I : 270 gr PHONSKA + 30 gr KCL + 30 gr Kieserit

catatan: Interval Pemupukan 40 – 45 hari

Cengkeh *
3.000 Petroganik

5.000 PHONSKA

2.500 Urea

Awal Musim Hujan:

3.000 gr Petroganik + 2.500 gr PHONSKA +

1.250 gr Urea

Akhir Musim Hujan:

2.500 gr PHONSKA +1.250 gr Urea

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.