Membedakan Plakat/Halfmoon “Palsu” Yang Makin Marak Di Pasaran

Kelas plakat di kontes cupang di Cengkareng, Jakarta Barat, medio tahun lalu berakhir kisruh. Musababnya, plakat asli terpental setelah kalah dari plakat “palsu” hasil guntingan. Akibat ketidaktahuan juri? Ada cara mudah sebetulnya untuk menentukan keabsahan …

Kelas plakat di kontes cupang di Cengkareng, Jakarta Barat, medio tahun lalu berakhir kisruh. Musababnya, plakat asli terpental setelah kalah dari plakat “palsu” hasil guntingan. Akibat ketidaktahuan juri?

Ada cara mudah sebetulnya untuk menentukan keabsahan sang plakat. Perhatikan tepi sirip plakat yang diragukan keasliannya. Jika tulang sirip terpecah atau bercabang ia plakat asli. Apabila ada ujung tulang sirip kecil-kecil keluar dari helai sirip itu juga tanda plakat asli. Namun, bila tulang sirip di tepi helai siripnya tumpul dan agak kasar dapat dipastikan ia plakat hasil kerajinan tangan alias palsu.

Melihat postur plakat selintas mirip cupang aduan. Sirip punggung tegak lebar dan bagian belakang menyentuh ekor. Posisi sirip punggung berada di pangkal seperti cupang adu, tapi tidak tinggi seperti halfmoon. Sirip perutnya kecil sangat mirip cupang adu. Namun, sirip perut bagian belakang melebar dan menyentuh ekor.

Ekomya tidak selebar tipe halfmoon, tapi mirip. Posisi tulang ekor bagian atas dan bawah saat terentang tegak lurus bak bulan purnama di belah dua. Wajar bila plakat disebut halfmoon mini.

Daftar Isi

Aduan plakat Dan Cupang Aduan

Membedakan cupang adu plakat dengan cupang adu sebenarnya mudah, meski sepintas bentuk tubuh dan sirip keduanya sama. Umumnya warna tubuh cupang adu hitam kelam dan sirip didominasi oleh kombinasi merah biru dan merah hijau.

Plakat lebih beraneka warna. Ada plakat platinum yang warna tubuh serta siripnya putih mutiara. Plakat maskot bertubuh putih dengan semburat merah. Kepalanya cokelat atau hitam kelabu dan siripnya kombinasi warna putih dan merah. Plakat angel memiliki warna kepala sama dengan tubuh dan sirip. Plakat ini terbagi 2 jenis, yakni blue angel dan green angel.

Plakat cupper sedang ngetren saat ini. Tubuhnya berkilau dan cemerlang. Warna sirip dan tubuh sama. Warna cupper terkadang rancu dengan warna angel, karena agak mirip. Yang membedakan, cupper lebih berkilau dibandingkan angel.

Selain warna-warni itu masih terdapat plakat lain yang indah, seperti plakat pastel. Ciri khasnya tepi sirip kombinasi dengan warna transparan. Kemudian plakat oranye yang seluruh tubuh serta siripnya berwarna kuning oranye.

Plakat mustard gas, warna tubuh serta sirip hitam berkilau hijau tosca atau biru turquoise dihiasi kombinasi warna kuning muda. Warna plakat yang unik dan agak langka adalah black ninja plakat. Semua tubuh dan sirip hitam bercampur kilau kelabu. Pada sirip-siripnya tidak berkombinasi dengan guratan kelabu kebiruan.

Membedakan Plakat palsu


Walaupun tidak banyak yang memiliki kondisi sempurna seperti plakat asli, tapi kini mudah dijumpai plakat hasil “kerajinan” tangan. Ia adalah cupang tipe halfmoon yang siripnya sobek atau ujung sirip terlipat. Sirip itu lalu digunting pendek sehingga mirip sekali plakat asli.

Sulit membedakan kedua plakat itu. Apalagi jika sang pengrajin berpengalaman. Guntingannya rapi, mirip dengan asli. Bahkan ada yang bisa menyulap sirip lebih bagus daripada bentuk sirip plakat asli.

Ada kiat jitu untuk menentukan plakat asli atau “palsu”. Kenali warna tubuh dan sirip tipe plakat. Contoh, jika sangsi dengan plakat mustard gas. Pelajari tipe halfmoon. Apakah ada yang berwarna mustard gas?. Ternyata tidak ada tipe halfmoon bercorak mustard gas. Dapat dipastikan semua plakat mustar gas adalah plakat asli.

Jika ada halfmoon mustard gas, agaknya sang halfmoon mustard gas pun sulit disulap menjadi plakat. Sebab, ciri khas mustard gas adalah di tepi sirip ada warna hitam kehijauan atau hitam kebiruan melingkari semua sirip. Bila digunting ciri khas mustard gas itu hilang.

Demikian juga dengan plakat cupper. Dapat dipastikan 90 % plakat cupper asli adanya. Itu karena halfmoon cupper masih tinggi harganya. Jadi, walaupun tidak tertutup kemungkinan ada juga plakat cupper hasil kerajinan tangan. Namun agaknya sang pengrajin masih sayang menggunting halfmoon cuppemya menjadi plakat. Soalnya, biarpun sirip halfmoonnya sobek atau terlipat harganya masih selangit.

Untuk plakat platinum dan plakat oranye keasliannya harus dilihat benar karena warna platinum dan oranye lebih mudah ditemui.

Lain lagi plakat maskot dan plakat pastel yang tipe halfmoonnya sudah merakyat. Agaknya peternak tidak segan-segan membuat sang halfmoon menjadi plakat jika ada sedikit sobek atau terlipat siripnya. Keaslian plakatnya patut diperdebatkan.

Document Last Updated on 13 Agustus 2021