Perihal Usaha Pembesaran Gurami

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pembesaran_gurami_

Saya tertarik pembesaran gurami dan berminat untuk membudidayakannya. Yang ingin saya tanyakan:

Berapa ukuran ideal benih gurami untuk ditebar pada pembesaran gurami?

Di mana saya bisa mendapatkan benih gurami?

Luas kolam rata-rata kurang dari 150 m2, cukupkah untuk proses oksigenisasi?

Berapa banyak benih yang dapat ditebar untuk luas kolam tersebut?

D. Rudiyanto

Jl. Kalitanjung Gg. Kamboja I No. 2 Harjamukti

Cirebon

Pepen Effendi,

Ukuran benih gurami yang ideal untuk pembesaran sebaiknya di atas 100 g/ekor ke atas. Benih sebesar itu sudah kuat, sehingga tahan serangan penyakit. Pembesaran memerlukan waktu 90— 100 hari untuk mencapai ukuran konsumsi, 500 g/ekor. Ciri benih yang baik gerakannya lincah, sisik mengkilap, bebas penyakit, dan ukuran seragam. Ikan berukuran lebih besar dipastikan pertumbuhannya lebih cepat, sementara yang kecil akan kuntet.

Untuk mendapatkan benih gurami, silakan hubungi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat atau petani pembenih gurami di Desa Singasari Kecamatan Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah.

Kolam dengan luas 150 m2 bisa digunakan untuk budidaya gurami. Yang harus diperhatikan dasar kolam harus dibuat miring untuk memudahkan pembuangan air dan panen. Saluran pemasukan dan pengeluaran air pada setiap kolam dibuat terpisah. Tujuannya untuk menghindari penularan penyakit ke kolam lain.

Padat tebar ideal benih gurami 5 ekor/m2. Untuk kolam berukuran 150 m2 dapat ditebar 750 benih seukuran bungkus rokok. Pemberian pakan berupa pelet 2—3 kali sehari dengan jumlah 3% dari bobot ikan. Pelet harus mengandung 20% protein. Pakan tambahan berupa daun sente cukup 10% dari bobot ikan dan diberikan pada sore hari.