Strawberry Varietas Unggulan Dari Australia

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Datanglah ke salah satu toko buah besar di seputaran Jakarta. Niscaya Anda akan menemukan boks-boks plastik berisi temptation. Sebut saja di Total Buah Segar di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Di sana ada si penggoda dari . California, Amerika Serikat. Menurut Takim, menejer toko,

Fragaria vesca itu diimpor seminggu sekali sebanyak 80 kantong, dengan bobot 453 g per kantong.

Pun ketika Mitra Usaha Tani menghubungi Sentra Buah Segar. Toko buah di Muara Karang, Jakarta Utara itu, mendatangkan temptation dari Australia dan Amerika Serikat. Di Australia ia dijual 5 dolar Australia per kilogram. Di toko ini, temptation lebih laris dibandingkan stroberi lain.

Stroberi Terbaik

Temptation berbentuk bulat sepintas mirip hati dengan ukuran jumbo. Diameter 5-7 cm, dengan bobot rata-rata 40- 60 gram per buah. Itu sebanding dengan sosok dan bobot sebuah kiwi. Dalam satu tanaman dipertahankan 5 buah, karena lebih dari itu ukuran buah akan kecil. Pantas bila varietas itu dinobatkan sebagai yang terbesar di antara varietas lainnya. Warna buah bagian luar merah marun. Aroma harum. Tekstur buah padat. Rasanya manis cocok dengan selera orang Indonesia. Buah tetap segar selama 4 hari meskipun tidak disimpan di pendingin.

Tak heran di pasar-pasar swalayan di Selandia Baru, temptation kerap membuat konsumen tergoda untuk membelinya. Di Australia, si penggoda menjadi the winner berries of the year pada pameran buah 2003 karena keunggulan yang dimilikinya. Di Negara Kanguru, hasil panen temptation diekspor atau diolah menjadi selai, ice cream, kue, pie, dan salad.

Maklum buat lidah penduduk Australia temptation terlalu manis. Mereka menyukai stroberi bercita rasa asam.

Tanaman temptation berbeda dengan stroberi lainnya. Si jumbo nyaris tak bersulur. Ia membentuk anakan, sehingga bila ditanam dalam pot terlihat kompak. Temptation teruji tahan terhadap layu akibat cendawan Verticillium. Pun downy mildew alias embun tepung yang biasa menyerang stroberi. Pada penanaman skala hobi di daerah Ciater, Subang, temptation satu-satunya jenis yang tahan penyakit pada musim hujan. Sementara varietas lain terserang.

Kuning dan putih

alpine yellow
Strawberry alpine yellow

Stroberi penggoda, rupanya bukan hanya temptation, tapi ada juga alpine yellow dan alexandre white. Penampilan keduanya bahkan terkesan nyeleneh. Alpine yellow berwarna kuning lazimnya stroberi berwarna merah. Sosoknya memang tidak sebesar temptation, diameter buah hanya 4-5 cm. Namun, aroma buah lebih harum. Dari jarak 3 meter wanginya sudah tercium. Tekstur buah padat. Rasanya manis dan tidak berair. Daya simpan buah sampai 5 hari tanpa ditaruh di pendingin.

Tanaman alpine memiliki banyak sulur seperti stroberi umumnya. Buahnya digemari pengikut gaya hidup back to nature yang sangat mementingkan kesehatan dengan makanan alami. Ia dijadikan tanaman kesehatan lantaran kaya kandungan vitamin C. Di Jerman, si daging kuning kerap disajikan sebagai jus, salad, dan selai.

Sementara alexandre white, warna buah bagian luar dan dalam sama-sama putih. Buah tidak terlalu besar, diameternya hanya 3-4 cm. Bentuknya bulat dengan ujung meruncing. Rasanya manis dan juicy. Sayang, tekstur buah lembek, sehingga mudah benyek. Daya simpan maksimal 2 hari tanpa ditaruh di pendingin. Alpin dan alexandre tahan terhadap penyakit downy mildew. Di Eropa keduanya ditanam di lahan terbuka. Nun di Gunung Puteri, Cipanas, sudah ada pekebun yang menanam temptation.