Teknik sambung susu tanaman kelengkeng

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Seorang penangkar di Kreo, Ciledug, memilih sambung susu untuk memperbanyak lengkeng pinpong. Dengan cara itu tingkat keberhasilan mencapai 95%. “Perbanyakan dengan mencangkok kurang cocok untuk varietas pingpong,” katanya.

Kulit batang lengkeng asal negeri Tirai Bambu itu tipis. Ketika dikelupas ia masih menempel di batang dan menutup kambium yang juga tipis. Akibatnya, saat dicangkok akar sulit tumbuh. kelengkeng Edaw lantas diperbanyak dengan cara sambung susu.

Bacaan Lainnya

Persiapan

Sebagai batang bawah, kebun penangkaran di Kreo itu menggunakan bibit asal biji lengkeng ambarawa. Dengan batang bawah pingpong juga lebih baik. Batang bawah yang siap disambung berdiameter sebesar sedotan. Kondisi itu diperoleh pada saat batang bawah berumur 9-12 bulan dari biji yang ditumbuhkan di polibag berdiameter 10 cm ber-media tanah merah. Sebelum di sambung susu, batang bawah dipotong membentuk huruf “V” terbalik pada ketinggian 10-20 cm dari pangkal.

Sebagai entres, pilih cabang dari pohon induk yang sudah berbuah minimal 1 kali. Jadi umur pohon induk di atas 2 tahun. Pilih cabang berdiameter sama dengan batang bawah. Panjang entres tergantung selera penangkar. Penangkar di Kreo itu biasanya menggunakan entres berukuran 30-40 cm dari pucuk.

Pada titik 30-40 cm itu dibuat sayatan berbentuk setengah “V” terbalik. Ke dalam torehan itulah batang bawah disisipkan. Sambungan lantas diikat ketat menggunakan plastik transparan. Polibag disangga pada dahan lain atau menggunakan semacam tangga kayu agar cabang yang di sambung susu tidak patah keberatan beban. (Budidaya Manggis Dengan Teknik kaki ganda dan sambung asuh)

Penangkar lain, Prakoso Heryono di Demak dan Cecep dari Kebun Wisata Pasirmukti, Citeureup, memilih menyambung dengan terlebih dulu menyayat salah satu sisi batang atas dan batang bawah. Panjang sayatan sekitar 5-10 cm selebar kira-kira sepertiga diameter batang. Batang atas dan batang bawah lantas disatukan pada bagian yang disayat itu.

Pemisahan

Satu setengah bulan setelah penyambungan, batang bawah dan batang atas diharapkan sudah saling menempel. Bibit sambung susu siap dipisahkan dari tanaman induk. Pemisahan dilakukan secara bertahap untuk mencegah bibit stres dan memastikan sambungan sudah sempurna.

Caranya bagian bawah batang atas dipotong setengahnya pada jarak 2 cm dari sambungan. Bila bibit tidak terlihat stres berarti batang atas dan bawah bersatu sempurna. Batang atas tidak lagi tergantung pasokan nutrisi dari tanaman induk. Dua minggu kemudian sisa potongan dipangkas. Cecep dari Pasirmukti memilih munculnya tunas baru sebagai indikator penyambungan terjadi sempurna. Bila tunas baru sudah tumbuh, bibit bisa “dipanen” sekaligus dari pohon induk.

Pohon induk berumur 3,5 tahun dapat menghasilkan 50 bibit sambung susu sekali proses. Agar kondisi pohon induk tetap prima, taburkan 2 genggam pupuk NPK seimbang 2 minggu sekali.

cara sambung susu pohon kelengkeng

  1. Sayat cabang batang bawah memanjang, 5-10 cm
  2. Sayat cabang batang atas mengikuti ukuran batang bawah
  3. tempelkan batang atas dan bawah kemudian ikat dengan plastik

sawo manila

Pindah ke lapang

Dua minggu setelah bibit hasil sambung susu turun ke tanah, ganti polibag dan media tumbuh. Media terdiri atas campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1. Campuran itu dimasukkan ke dalam polibag berdiameter 20 cm atau 40 cm.

Untuk merangsang dan memperkuat pertumbuhan akar berikan Atonik dengan dosis 1 tutup botol kemasan untuk 5 1 air. Dosis per polibag 1 gelas yang diulang setiap 6 bulan. Dua minggu setelah pemberian Atonik pertama, taburkan 1 sendok teh pupuk NPK seimbang. Pemberian NPK selanjutnya setiap 2 minggu. Bila selama perawatan jumlah media berkurang, tambahkan pupuk kandang secukupnya.

Bibit siap ditanam di tanah pada umur 4 bulan setelah dipisahkan dari pohon induk. “Sebetulnya begitu turun tanah bibit bisa langsung ditanam di lapang, tapi biasanya stres ditandai pertumbuhan mandek,” ujar penangkar di Kreo itu. Dengan cara di atas, kini ia memiliki 450 bibit lengkeng pingpong berumur 4-6 bulan dari 40 pohon induk. (Evy Syariefa)

Pos terkait