Ternak Lemon Siklid Ala Bintaro

Lemon siklid lagi naik daun. Ikan kecil berwarna kuning jeruk ini sedang digandrungi di luar negeri. Ia bisa diperbanyak di akuarium. Warna kuning itulah asal muasal sebutan lemon siklid (Labidochromis caruleus). Di negeri Belanda disebut …

Lemon siklid lagi naik daun. Ikan kecil berwarna kuning jeruk ini sedang digandrungi di luar negeri. Ia bisa diperbanyak di akuarium.

Warna kuning itulah asal muasal sebutan lemon siklid (Labidochromis caruleus). Di negeri Belanda disebut citrus cichlid. Selain kuning, corak tegas berwarna hitam yang terdapat pada sirip punggung dan perut mempercantik penampilannya.

15 hari puasa, demi anak.  Dari mulut keluar 20 sampai 30 ekor anakan siklid
15 hari puasa, demi anak. Dari mulut keluar 20 sampai 30 ekor anak

Pada umur 8 bulan lemon siklid sudah bisa berproduksi. Saat itu panjang tubuh ikan jantan 8cm sampai 12cm; betina, 5cm sampai 8cm. Ciri khas ikan jantan, warna hitam pada sirip dada dan punggung lebih kontras. Sedangkan betina agak pudar.

Tahapan Pemijahan

Untuk memijahkan lemon siklid dibutuhkan akuarium berukuran 90cm x 40cm x 50cm. Lemon siklid termasuk poligami. Untuk membuahi telurnya 4 betina hanya membutuhkan seekor jantan. Satu buah akuarium dapat diisi 25 induk betina.

Pemijahan bisa dilakukan di dalam ruangan, maupun semi indoor. “Ada cahaya lebih bagus,” kata Anwar, yang mempunyai 600 induk lemon siklid.

Mengikuti tempat asalnya di Afrika, ikan licah ini menyukai media bertemperatur hangat 26″C sampai 28°C. Sifat air alkalis, keasaman (pH) cenderung di atas 7.

Selain dilengkapi penghembus udara (aerator), di dalam akuarium terdapat potongan paralon 20cm sebagai sarana perkawinan ikan. Selama proses pemijahan ikan diberi pelet udang yang diremahkan. Pemberiannya dilakukan dua kali sehari.

Untuk menjaga kualitas air, paling telat 1 hari sekali kotoran di dasar akuarium dibersihkan. Penggantian air minimum 20% sampai 25% setiap hari.

Ikan matang gonad biasanya bertelur malam hari. Setelah dibuahi pejantan, sang betina segera mengumpulkan telur dengan cara menghisapnya ke mulut.

Ikan yang sudah bertelur akan menggembung bagian bawah kepala dekat mulut (gondok). Ikan betina mengandung telur harus segera dipindahkan ke akuarium khusus .

anakan lemon siklid yang sudah dikeluarkan dari mulut indukan
anakan yang sudah dikeluarkan dari mulut indukan

Hal ini untuk menjaga jangan sampai telur atau anak ikan yang keluar dimangsa ikan jantan. Selama berada di akuarium pengeraman, ikan tidak mau makan. Kemungkinan induk ikan takut kalau anaknya tertelan. Proses pengeraman berlangsung 15 hari.

Anakan lemon siklid harus segera dikeluarkan dari mulut indukan

Terlalu lama mengeram akan meyebabkan induk kurus kering. Dan kurang baik bagi pertumbuhan anak ikan. Oleh sebab itu, anak ikan harus dikeluarkan setelah cukup kuat di luar. “Patokannya larva sudah kehabisan persediaan makanan (yolk shak)” papar pemilik Anwar Karyadi Anwar Akuarium.

Ambil beberapa ekor ikan yang mengandung telur, taruh dalam wadah (baskom). Sediakan satu baskom berisi air lagi untuk tempat anak ikan.

Pegang satu per satu induk ikan, tekanlah sisi kanan kiri dan bawah mulut sampai anak ikan keluar. Lakukan kegiatan ini dalam posisi ikan tenggelam di dalam air.

Setelah mengeluarkan anak, induk betina dipelihara dalam akuarium khusus; tidak boleh dicampur ikan jantan selama 7 hari.

Selama itu ikan diberi pakan yang cukup, agar badannya kembali fit seperti semula. Setelah dicampurkan kembali dengan pejantannya, 20 hari kemudian induk betina siap bertelur kembali.

Satu ekor ikan betina dapat mengeluarkan 20 sampai 30 anak ikan. Pindahkan ke dalam akuarium berukuran 90cm x 40cm x 50cm. Padat penebaran yang dianjurkan 300ekor/akuarium. Kedalaman air pada 10 hari pertama cukup 10cm.

Terlalu dalam dapat menyebabkan kematian, lantaran anak ikan sensitif terhadap tekanan air. Setelah itu, tahap demi tahap ketinggian air dinaikkan menjadi 30cm sampai 40cm. Keesokan harinya anak ikan harus diberi pakan, berupa pelet udang yang dihaluskan.

Document Last Updated on 18 November 2021

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.