Undang Bunga Kastuba di Lorong Gelap

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

White snow bermandi bunga itu menghias lobi dan teras sebuah hotel di Jakarta. Bunga yang putih kehijauan terasa pas dengan nuansa Ramadhan. Penghujung tahun ini, giliran red star yang memenuhi lobi.

Pemanfaatan kastuba yang meluas membuat Kebun Ciputri di Pasir Sarongge, Cianjur, harus bekeija cermat. Pesanan hari raya berupa tanaman 60 sampai 70 cm dipersiapkan 6 sampai 7 bulan sebelumnya agar bisa dipajang di lobi atau teras hotel. Ukuran medium ketinggian 40 sampai 60 cm mulai ditanam 5 bulan sebelum dipajang. Kastuba mini berukuran 20 sampai 30 cm, cukup dipersiapkan 3 bulan.

Bila jadwal penanaman dan program pembungaan meleset, perubahan warna tidak merata. Penampilan poinsettia, sebutan umum kastuba jadi kurang menarik. Konsumen khususnya di daerah panas bakal kecewa, sehingga pesanan bakal melayang.

Berubah warna

Penyiraman tambahan diperlukan bila cuaca panas
Untuk membungakan kastuba, pilih induk sehat bebas hama dan penyakit. Pangkas beberapa cabang sepanjang 7 sampai 10 cm dan berdaun 4 sampai 6 lembar. Usahakan daun tidak rontok hingga tanaman beranjak dewasa. Warna hijaunya jadi pemanis ketika berkombinasi dengan pucuk baru yang berwarna merah, merah muda, atau kuning. Bila daun hijau rontok, tanaman diapkir. Celup pangkal setek di zat perangsang tumbuh, lalu tancapkan ke oases. Terakhir, tanam di pot berisi media sekam.

Menurut Sri Wahyuni, asisten manajer Kebun Ciputri, bila diletakkan di bak berisi air, daun tidak layu seperti bila ditanam di pot. Bibit dimasukkan ke “kumbung plastik setinggi 60 cm. Tujuannya agar kelembapan tetap tinggi sehingga tanaman cepat berakar, yakni 2 minggu. Setelah 1 bulan, tanaman dipindahkan ke ruang pembesaran.

Habitat kastuba di dataran tinggi yang kerap mendung menyebabkan tanaman cepat berbunga. Pembungaan itu harus ditunda hingga mencapai ukuran yang diinginkan. Caranya, gantung bohlam 20 watt di ketinggian 180 cm di atas tanaman. Jarak antarbohlam 2 m. Lama penyinaran cukup 2 jam. Dengan menambah cahaya, pertumbuhan vegetatif berlanjut.

Ruang gelap

Setelah 7 bulan, tanaman siap
Bila ingin menghasilkan kastuba mini langsung ditanam di pot 8. Setelah itu masukkan dalam ruang gelap agar daun serempak berubah. Euphorbia pulcherrima yang menerima cahaya kurang dari 7 sampai 8 jam per hari, daun berubah merah atau kuning secara alami, tapi tidak seragam.

Ruang gelap itu berupa bedengan yang diberi sungkup plastik hitam tebal yang tidak tembus cahaya. Sungkup dipasang mulai pukul 16.00 hingga 07.00 keesokan hari. Masa penggelapan berkisar 1 sampai 2 bulan. Setelah itu tanaman siap dipajang.

Khusus untuk kastuba medium dan jumbo, segera ganti pot ke ukuran 15 cm. Lantas pucuk crown of the andes sebutan masyarakat Peru dan Cili itu dipotes, terutama yang berubah warna dan berbunga. Pemangkasan dilakukan agar tanaman membentuk 3 sampai 5 cabang baru. Semakin banyak cabang semakin baik. Setelah 2 bulan, tanaman siap dibungakan dengan memasukkannya dalam ruang gelap. Setelah sebagian besar daun mulai berubah warna, tanaman dikeluarkan dari penggelapan. Sekitar 1 sampai 2 bulan kemudian tanaman berubah warna dan siap dipajang.

Untuk membuat ukuran jumbo, program permbesaran dilanjutkan. Caranya dengan pemangkasan kedua. Semua pucuk cabang dipotes. Seminggu kemudian terbentuk belasan cabang baru. Dua bulan berselang, tanaman siap dibungakan. Karantina sebulan lalu tanaman dikeluarkan dan siap dijual 2 sampai 4 minggu kemudian.